GuidePedia

0

Para astronom telah menemukan gugusan galaksi raksasa terbesar yang pernah ada dengan Chandra X-Ray Observatory milik NASA pada 2012. Kluster galaksi itu sungguh besar hingga disebut El Gordo atau Si Gemuk.

Massa gugusan galaksi tersebut awalnya diduga mencapai 2 kuadriliun kali matahari atau 2.000 triliun kali matahari. Namun sebuah studi baru dengan menggunakan Hubble Space Telescope, menunjukkan massa raksasa ACT-CLJ0102-4915 di angkasa ini 43 persen lebih besar dari dugaan awal.

Menurut redorbit, gugus galaksi yang berjarak 9,7 miliar tahun cahaya dari Bumi memiliki massa 3.000 triliun kali massa matahari kita atau lebih besar 1000 triliun dari perkiraan awal.

Untuk mengukur seberapa kuat massa cluster di galaksi ini, tim peneliti menggunakan resolusi tinggi hasil pencitraan Hubble. Semakin banyak gambar yang melengkung, semakin besar massa yang terdapat di cluster.

"Apa yang saya lakukan pada dasarnya melihat bentuk dari latar belakang galaksi cluster terjauh obyek itu sendiri," jelas James Jee dari University of California.

"Ini memberi kita peluang lebih besar mengetahui bahwa ini benar-benar sistim yang luar biasa pada masa awal di alam semesta," lanjutnya.

Ukuran mengesankan El Gordo pertama kali dilaporkan pada Januari 2012. Menggunakan pengamatan dari NASA Chandra X - Ray Observatory, dan kecepatan galaksi diukur dengan (ESO) Very Large Telescope (VLT) array European Southern Observatory di Chile.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?