GuidePedia

0
Foto: Thinkstock

Jakarta - Rempah atau bumbu kering dapat membuat sajian masakan memiliki rasa yang nikmat. Rempah kering seperti lada dan ketumbar lebih nikmat aromanya saat diracik sendiri dan disimpan dengan cara yang benar.

Semakin lama disimpan, bumbu rempah ini akan semakin turun kualitasnya sehingga wanginyapun berkurang. Tak hanya tempat penyimpanan, pemilihan jenis dan cara menggiling bumbu bisa mempengaruhi kualitasnya. Saat ingin menyimpan bumbu kering dalam jangka waktu lama, ikuti tips berikut ini.

Foto: Thinkstock

1. Pilih bumbu utuh

Bumbu yang sudah dihaluskan cepat hilang aromanya. Semakin lama bumbu kering disimpan, maka tingkat kesegarannya juga dapat menurun sekalipun belum dekat dengan tanggal kadaluarsa. Membeli bumbu rempah dalam keadaan utuh secukupnya kemudian menghaluskannya sendiri secara manual sebelum mencampurkannya kedalam masakan agar aromanya lebih tercium segar.

Foto: Thinkstock

2. Wadah kaca
Untuk menjaga kualitas aroma dan rasa bumbu kering sebaiknya simpan bumbu dalam wadah kaca. Simpan wadah berisi bumbu dalam lemari yang kering dan tidak lembab. Jauhkan dari sinar matahari khususnya bumbu dedaunan dan jauhkan juga dari kompor atau suhu panas.


3. Sangrai bumbu

Sangrai rempah atau bumbu di wajan kering dengan api sedang. Cara ini dapat meningkatkan aroma dan rasa yang lebih kuat pada beberapa bumbu seperti ketumbar dan kemiri. Taruh bumbu utuh dalam wajan kering tanpa minyak. Panaskan di atas api sedang sambil diaduk. Jika sudah mengeluarkan aroma, matikan api setelah dingin bumbu dapat dihaluskan.


4. Rempah bubuk

Dijaman yang serba ingin instan ini banyak orang yang memilih menggunakan rempah bubuk. Mulai dari kayu manis, lada hingga ketumbar semuanya sudah digiling halus dan tinggal digunakan. Jika Anda menggunakan bumbu bubuk pastikan Anda menempatkannya dalam wadah yang tertutup rapat agar aromanya tetap terjaga.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?