GuidePedia

0


Korea Selatan memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata sejarah hingga wisata budayanya. Salah satu tempat yang tidak boleh terlewat saat berlibur ke Korea Selatan adalah Incheon Bridge. Jembatan ini merupakan landmark kota yang dikenal luas karena keindahan arsitekturnya.

Bahkan tidak main – main, karena keindahan yang dimilikinya itu jembatan ini juga masuk dalam kategori 10 besar pada Architectural Wonders World di tahun 2005. Jembatan yang menghubungkan Yeongjongdo Songdo International City ini membentang sepanjang 12,5 kilometer dan memiiki lebar 33,4 m.

Jembatan kota 6 jalur ini dirancang dengan tingkat kerumitan teknologi tinggi. Biasanya tingkat kesulitan dalam arsitektur jembatan dilihat dari panjang jarak antar menara. Pada jembatan ini, jarak antar menara jembatan adalah 800 m sehingga membuatnya menjadi yang salah satu yang terpanjang setelah jembatan Sutong yang ada di China dengan jarak antar menara 1088 meter, jembatan Stonecutters yang ada di Hongkong dengan jarak 1088 meter, Jembatan Tatara di Jepang dengan jarak 890 meter dan Pont de Mormandie yang ada di Perancis dengan jarak 856 n.

Ketinggian menara utama pada jembatan ini tercatat 238,5 meter atau sama dengan gedung 3 lantai di Seoul. Menariknya, jembatan tersebut dirancang untuk tetap kokoh berdiri di tengah terpaan angin kencang dengan kecepatan 72 m / detik. Selain itu jembatan megah ini juga tahan terhadap gempa dengan kekuatan hingga 7 skaka richter.

Oleh karena kemampuannya itu, tidak heran bila jembatan Incheon ini berhasil meraih banyak penghargaan. Jembatan ini selain dinobatkan sebagai 10 Besar Dalam Architectural Wonders of The World di tahun 2005, jembatan tersebut juga mendapat penghargaan sebagai Infrastruktur Jembatan terbaik Se-Asia Pasifik pada bulan Maret tahun 2006 silam.


Incheon Bridget yang juga disebut dengan Incheon Grand Bridge pertama kali dibuka pada Oktober tahun 2009 untuk menyediakan akses langsung antara Bandara Internasional Incheon yang terletak di Yeongjongdo dengan Songdo. Kehadiran jembatan Incheon ini membantu mengurangi waktu tempuh dari 1 jam menjadi 15 menit.

Songdo merupakan kawasan yang terbilang penting di Korea Selatan karena ini adalah kawasan pinggiran kota Incheon yang telah berkembang dengan pesat. Sementara itu Bandara Internasional Incheon merupakan bandara terbesar di Korea Selatan. Bandara tersebut dibangun di kawasan antara pulau Yongyudo dan Yengjongdo.

Keindaha jembatan Incheon ini khususnya pada saat malam hari semakin mempercantik keindahan kota Incheon. Kedua menara yang ada di tengah jembatan semakin menambah keindahan arsitektur jembatan ini. Selain berperan sebagai tulang punggung pergerakan aktiviats ekonomi di Korea, khususnya Incheon jembatan ini juga merupakan salah satu landmark yang banyak membuat para wisatawan merasa penasaran.

Lampu – lampu yang terdapat di beberapa sudut Incheon Bridge ini ikut memberikan panorama gemerlap kota Incheon yang mempesona. Jika berkunjung ke Jembatan Incheon, jangan lupa pula untuk berkunjung ke Incheon China Town, rumah Full House, dan objek wisata menarik lainnya di Korea Selatan.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top