GuidePedia

0

Tak hanya menambah hangatnya suasana, minum teh di pagi dan sore hari ternyata bisa menguatkan tulang Anda.


Sebuah studi terbaru di Tiongkok menemukan bahwa mengonsumsi teh dapat mengurangi risiko osteoporosis atau patah tulang di masa mendatang.

Tim peneliti dari Shanghai Ninth People’s Hospital menemukan hal ini setelah me-review 14 studi lainnya yang membahas tentang pola makan dan risiko patah tulang. Secara keseluruhan, ada 200.000-an partisipan yang ambil bagian dalam berbagai studi ini.

Dari review tersebut ditemukan bahwa partisipan yang rutin minum 1-2 kali teh dalam sehari berisiko 28 persen lebih rendah untuk mengalami patah tulang. Sedangkan bagi mereka yang minum teh 2-3 kali sehari mengalami penurunan risiko sebesar 37 persen.

Tapi bagi yang minum teh sampai 3-4 kali sehari, risiko patah tulangnya justru hanya berkurang sebanyak 21 persen. Artinya yang paling ideal untuk mendapatkan manfaat penurunan risiko patah tulang adalah mengonsumsi teh 2-3 kali dalam sehari saja.

“Kandungan kimiawi dari daun teh diduga dapat mendorong pembentukan tulang baru. Belum termasuk fluoride, kalsium, dan mineral lain yang membuat tulang menjadi lebih padat dan lebih kuat,” terang peneliti.

Hal senada disampaikan Dr Tim Bond dari Tea Advisory Panel, Inggris. Menurutnya teh mengandung flavonoid yang lebih banyak ketimbang kopi. Flavonoid inilah yang mempercepat pembentukan tulang baru sekaligus memperlambat proses erosi dari tulang-tulang yang ada. Sedangkan fluoride, kalsium dan mineral lainnya berperan penting dalam memperkuat tulang. (dan) 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top