GuidePedia

0


Twitter, bagi banyak orang, telah menjadi media komunikasi yg paling disukai. Pesan email mungkin tak terbaca atau dalam kasus terburuk, malah masuk folder spam tapi tweets dan @mentions sangat mungkin untuk segera ditindaklanjuti.

Ketika aboi sedang bepergian atau liburan, dg akses terbatas ke internet, aboi sering bikin reply “out of office” di program program email buat ngasih tahu orang kalo aboi gak bisa menjawabnya segera. Macam mana kita bisa mengerjakan hal yang sama dengan Twitter?

Ini yg akan dilakukan Twitter Auto-Responder 

Gak seperti email, nyet up Twitter agak susah untuk bikin out of office auto-replies tapi kita bisa dengan mudah dan cepat menambah sebuah fitur ke akun Twitter kita dengan sedikit bantuan dari Google Script.

Tinggal menentukan kapan tanggal mulai dan akhir si auto-responder dan setiap tweet yg terkirim ke aboi selama periode ini akan secara otomatis mendapatkan jawaban dari akun twitter aboi yg bilang bahwa aboi sedang tidak ada di kantor (isinya bisa disesuaikan). Jawaban itu terkirim hanya sekali, jadi ketika seseorang mengirimkan satu atau dua tweets pas liburan aboi, mereka hanya dapat sekali out-of-office auto-reply.

Bagaimana membuat Out of Office Replies di Twitter

Langkah A: Mengatur sebuah Twitter App 
Lihat di apps.twitter.com dan sign-in dengan akun Twitter aboi. Bikin sebuah  new Twitter app baru (screenshot), kasih sebuah deskripsi, website (alamat URL) dan taruh https://spreadsheets.google.com/macros/in di callback kolom URL .
 
Pas Twitter app udah dibikin, klik Permissions tab dan atur Read and Write sebagaimana tipe Applikasi. Klik Update Settings untuk menyimpan perubahan aboi.
 
Pindahlah ke API Keys tab dan bikin catetan Consumer API Key dan API Secret. 

Langkah B: bikin script Auto-responder  
Klik di sini untuk bikin salinan script auto-responder ke Google Drive aboi. Masukkan tanggal mulai dan akhir dari liburan aboi, Twitter API keys (dari langkah sebelumnya), dan Twitter handle aboi. 

Go to Run -> Start to memulai auto-responder. Jawab Yes jika script membutuhkan otorisasi aboi buat akses ke layanan Google Script.
 
Pilih Run -> Start lagi dan otorisasi script buat nge post tweets dari akun Twitter aboi. 

Script akan memulai sendiri di tanggal mulai dan akan merespon semua tweets masuk sampai akhir tanggal. Ini akan berhenti sendiri secara otomatis. Seperti biasa, aboi boleh menggunakannya secara gratis, modifikasi source code dengan penyebutan

Pas aboi liburan lagi, tinggal buka script auto-responder yg udah ada di Google Drive aboi, ubah tanggal mulai dan akhir,pilih Start dari Run menu untuk memulai  autoresponder lagi. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top