GuidePedia

0


Pulau SIAU merupakan pulau di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (SITARO), Provinsi Sulawesi Utara. Disini pula ada Gunung Karangetang, dikenal juga dengan nama Api Siau, adalah gunung berapi yang terletak di pulau siau. Gunung Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

Pulau ini terkenal sebagai penghasil pala yang konon terbaik di indonesia.Pulau siauy juga merupakan tempat habitat tarsius tumpara atau Siau Island Tarsier yang termasuk salah satu dari 25 Primata Paling Terancam Punah di Dunia. Jadi lebih baik aboi amboi melihat kesana sebelum benar2 punah.

Perjalan ke siau bisa di tempuh dengan kapal cepat Express Bahari, atau kapal water jet oasis, Perjalanan dengan kapal cepat ditempuh dengan waktu sekitar 4 jam perjalanan, tapi tenang saja karena kapalnya nyaman dan dihibur dengan film-film box office.

Ada 3 kelas dengan range tiket 160-290 rb. Ada juga kapal Ferry yang berangkat sore hari.

Makanan di sini ada beberapa tempat makan yang buka sampai larut malam, terutama di daerah pasar. Bahkan ada yang mau melayani jam berapa pun, selama masih ada yang makan.

Buat yang suka dive, disini sudah ada dive operator diving operator lokal yg beroperasi di siau. Owner sekaligus dive guide pak Hari Kakunsi (081356212339)

Kebetulan saya juga dive di sumber Mata Air Panas Lehi yang terletak di bagian sisi barat pulau siau atau lebih dikenal dengan Ondong yang dapat ditempuh sekitar 20 menit, dan juga di Pehe.

Saya juga masuk hutan untuk melihat tarsius bersama kelompok pecinta alam SITARO.

"Beberapa foto Underwater, airnya sangat bening :": 




"Hotel tempat tinggal selama disana, 250 ribu AC dan disediakan fasilitas motor dengan sewa 100 rb perhari intuk berkeliling siau. Motornya bawa sendiri, lepas kunci.": 


"Hewan langka di pulau siau, berbeda species dengan yang di tangkoko, yang ini lebih mini... .": 


"Ini pak ferry, rekan pak kakunsi yang sangat help full selama saya exploring di pulau siau.": 


 "Pemandangan yang terjadi selama 2 malam saya di sana, lumayan sport jantung karena takut nya meledak tuh gunung waktu saya pules pules nya tidur ": 


"Hari kakunsi, warga setempat pemilik dan pengelola olah raga menyelam / diving di pulau siau ": 


"Penampakan beberapa sudut di Pulau Siau ": 



 "Pecinta alam SITARO yang telah menghantar ke hutan tempat habitan tarsius... Aboi BUYUNG, mau masuk hutan keluar hutan, naik turun gunung, bisa menghubungi Aboi BUYUNG ini ": 



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top