GuidePedia

0

Siapakah penulis terbanyak di Wikipedia? Jawabanya adalah Sverker Johansson. Sobat uniknya tercatat dia telah menyelesaikan tulisan sebanyak 2,7 juta artikel dalam kurun waktu 7 tahun saja. Johansson mengisi lebih dari 8,5 persen artikel Wikipedia dan menjadikan penulis artikel paling produktif di situs ensiklopedia itu.


Topik artikel yang kerap ditulis pria 53 tahun ini adalah yang berhubungan dengan spesies binatang, terutama kupu-kupu dan kumbang. Karyanya juga sering menyoroti keadaan kota-kota di Filipina. Maklum saja, karena Johansson memiliki istri berkebangsaan Filipina.


Sekitar sepertiga dari artikel yang di-upload ke Wikipedia menggunakan bahasa Swedia, dan sisanya menggunakan bahasa Filipina. Setiap mengisi artikel di Wikipedia, Johansson dibantu dengan sebuah program komputer yang disebut sebagai bot. Hebatnya, program yang bernama Lsjbot ini dikembangkan sendiri oleh Johansson.

Cara kerja Lsjbot layaknya mesin pencari yang otomatis menggali informasi dari berbagai sumber digital, yang kemudian dirangkai menjadi sebuah artikel. Johansson mengatakan bahwa software itu sanggup menghasilkan sekitar 10 ribu artikel per hari.

Sebagai informasi, Johansson mengaku memiliki ketertarikan dengan banyak hal. Maka tak heran ia mempunyai sejumlah gelar sarjana, termasuk linguistik, teknik sipil, ekonomi, dan fisika. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top