GuidePedia

0

Pulpen berkamera, kacamata berkamera, atau dompet sebagai penerima data. Nampaknya barang-barang yang biasa dipakai dalam film James Bond itu terlalu canggih untuk siswa SMA.

http://www.dramafever.com/st/news/images/Cheating-at-test2.jpg


Tetapi, di China, banyak siswa SMA menggunakan barang-barang berteknologi tinggi ini untuk mencontek dalam ujian nasional masuk universitas. Tidak hanya itu, mereka membuat sendiri perangkat tersebut.

Awal Juni, jutaan siswa SMA di China mengikuti ujian penentu dalam hidup mereka. Keinginan untuk lulus membuat sebagian siswa mengambil jalan pintas dengan mencontek. Pasalnya, jika lulus, mereka bisa melamar di berbagai perguruan tinggi idaman.

Stasiun berita setempat, belum lama ini menyiarkan foto dari beberapa peralatan mencontek yang ditemukan panitia tes. Satu di antaranya adalah kacamata dengan kamera tersembunyi. Kamera ini, jika diaktifkan, bisa memotret kertas ujian dan menyiarkan informasi tersebut ke orang di luar ruang ujian. Mereka lalu akan mengirimkan kembali jawaban tes ke siswa di dalam ruang tes. Uniknya, remote control yang mengaktifkan kamera tersebut dibuat seperti sekeping koin uang.

Alat lainnya berupa kaos yang dilengkapi kabel dan kamera. Kedua perangkat ini terhubung ke sebuah telefon seluler yang mengirimkan sinyal. Ada juga dompet yang berfungsi menerima sinyal, pulpen berkamera dan ponsel kuno sebagai alat mencontek.

Kreatif, sih. Tapi jangan ditiru, ya!  

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top