GuidePedia

0

Mungkin bagi Anda yang sudah menyaksikan The Amazing Spider-Man 2, atau baru saja menonton X-Men: Days of Future Past, membayangkan akan sangat asik jika manusia memiliki kemampuan untuk berjalan di tembok secara vertikal, atau mungkin dengan posisi terbalik. Berita baik: keinginan Anda dapat terkabul.

Collin Furze, seorang ayah berumur 34 tahun baru saja membuat sebuah perangkat – sepasang sepatu, lebih tepatnya – yang memungkinkan pengguna untuk berjalan di langit-langit bangunan bermaterial logam. Menurut Furze, perancangan ‘sepatu magnet’ ini lebih terinspirasi dari karakter Magneto ketimbang Spider-Man, karena ia adalah fans berat dari komik X-Men.

Ia membuat sepatu tersebut dengan alat-alat yang biasa kita temui sehari-hari. Furze memanfaatkan transformer di microwave, kemudian ia melepas kumparannya dan menyambungkannya ke baterai mobil. Dari sana, Furze menempatkan transformer ke sebuah pelat yang dibuat mengikuti bentuk sepatu, memasangnya di kaki, dan tidak lupa melengkapinya dengan strap.

Karena merupakan perangkat rakitan sendiri, maka pemicu sepatu magnet harus dikontrol secara manual. Di tiap sepatu terpasang sebuah tombol yang tersambung ke kabel untuk mengaktifkan (atau menonaktifkan) magnet.

Hasilnya? Silakan simak video demonstrasi dari Collin Furze di bawah ini.

Ia mencoba menjelaskan pengalamannya saat mengenakannya, “Mengenakan sepatu ini memang mengasyikkan, tapi aneh sekali saat berjalan terbalik, Anda harus benar-benar memaksakan kaki untuk melangkah di atap. Hal ini sangat membutuhkan banyak keberanian, karena jika ada masalah listrik, magnet tidak akan bekerja dan saya akan jatuh.” Melangkahkan kaki secara terbalik ditambah beban di kaki jauh lebih sulit dibanding saat melangkah seperti biasa.

Bagi Furze, apa yang diciptakannya ini bisa menjadi perangkat yang bermanfaat, atau memungkinkan Anda melakukan hal yang sedikit ‘radikal’: menyela antrian stasiun kereta dengan berjalan di atas langit-langit ketika yang lain berbaris, atau berjalan bebas di sisi bangunan di area perbelanjaan yang ramai.
Furze tidak lupa menjelaskan sedikit hal teknis soal ciptaan inovatif buatannya tersebut, “Sepatu magnet ini dapat menahan beban saya dengan listrik 12 volt.” Dan ia mengungkapkan bagaimana terkejut istrinya, Charlotte, saat melihat Collin ‘tergantung’ di langit-langit rumah.

Sepatu magnet yang terinspirasi dari karakter X-Men, Magneto (Brotherhood of Mutant sebenarnya, faksi rival X-Men), bukanlah satu-satunya inkarnasi dari rasa cinta Furze terhadap serial komik ini. Sebelumnya, pria yang berprofesi sebagai ahli pipa ini telah menciptakan cakar a la Wolverine dengan enam buah pisau sepanjang 30 sentimeter.

Anda bisa mengunjungi channel YouTube miliknya untuk melihat gadget-gadget menarik ciptaan Si Furze ini. (Catatan: Banyak ciptaannya yang tidak bisa digunakan untuk sehari-hari, beberapa malah cenderung berbahaya).




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top