GuidePedia

0
 
 
Paul Allen, salah seorang pendiri Microsoft merasa yakin bahwa sistem pemungutan suara secara online bakal menjadi kenyataan yang akan diterapkan dalam pemilihan umum (pemilu) di tiap negara pada masa yang akan datang. 
 
 
 
Atas keyakinannya yang begitu kuat, dirinya pun melalui perusahaan investasi miliknya, Vulcan Capital menananmkan modal US$ 40 juta di sebuah perusahaan pemungutan suara berbasis online asal Spanyol, Scytl. Perusahaan yang telah berumur 13 tahun itu memiliki klien di puluhan negara, termasuk Kanada, Meksiko, dan Australia. Yang membuat pemilihan umum secara konvensional seperti sekarang ini masih diberlakukan karena masalah kemanannya yang lebih baik dibanding secara digtal. Pada 2010 silam, Washington DC pernah melakukan pengujian pemilu online namun dengan waktu singkat diretas oleh tim pemrogram dari Universitas of Michigan, Amerika Serikat. Hal ini yang kemudian membuat sejumlah politikus, pemilik hak suara, dan akademis merasa skeptis membawa teknologi digital ke dalam pemilu. Padahal, konsep pemiliu ini sudah lama diidam-idamkan di hampir seluruh dunia sejak sepuluh tahun terakhir dengan alasan lebih efisien. 
 
Kendati demikian, Abhsistek Agrawal, managing director Vulcan Capital merasa yakin dalam beberapa tahun ke depan di negara maju secara bertahap akan memperbaiki teknologi pemilu secara digital. Dirinya pun merasa takjub dengan teknologi keamanan dan kriptografi yang ditawarkan Scytl. "Tak masuk akal bahwa kita sekarang ini dapat bertransaksi secara online banking atau mengajukan formulir pajak melalui internet, namun hal ini tidak dapat diterapkan ke dalam pemilu digital. Ini adalah tren global sangat berpengaruh. Ada cara untuk memodernisasinya secara bertahap," ujar Agrawal, seperti dikutip dari Wall Street Journal.
 
  
 
CEO Scytl, Pere Valles menambahkan, perusahaannya bisa memahami sikap keraguan tiap orang terhadap pemungutan suara secara online. Menurutnya, mereka hanya tidak ingin mengambil risiko mempraktikan sesuatu seperti pemilu yang mempunyai nilai penting dalam membawa perubahaan negaranya. "Mereka pun tidak mau jadi orang yang pertama yang memakai pemilu secara online, namun di satu sisi mereka juga tidak mau jadi yang terakhir," imbuhnya.

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top