GuidePedia

0
Teh hijau.

Jakarta -Ternyata tak cuma pemilihan makanan yang salah yang membuat berat badan berlebih. Minuman pun rupanya punya peran. Begitu disebutkan dalam tulisan yang diterbitkan Harvard School of Public Health tentang Sugar Drinks or Diet Drinks: What's the Best Choice?

Minuman bersoda misalnya, setiap kali menenggak satu botol soda, Anda telah mengkonsumsi ratusan kalori kosong. Menggantinya dengan minuman diet soda, berarti Anda telah memotong banyak kalori yang masuk. Tapi, disebutkan bahwa minuman diet soda memang bisa menurunkan berat badan dalam jangka waktu pendek, tapi tidak dalam jangka waktu panjang. Jadi mengganti minuman dengan jenis diet, jelas bukan trik yang baik.

Kopi, mungkin bisa menjadi pilihan cerdas daripada minuman bersoda atau pun minuman berenergi. Kopi hitam bebas kalori dan kaya antioksidan. Penelitian menunjukan konsumsi kopi dalam jumlah sedang (sekitar 3-4 cangkir per hari) bisa meningkatkan mood dan konsentrasi, dan menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan juga beberapa jenis kanker.

Lebih bagus lagi jika mengganti minuman bersoda dengan air mineral. Keuntungannya bukan cuma memangkas jumlah kalori yang masuk, dua gelas air mineral bisa membuat perut terasa penuh dalam waktu singkat. Artinya air mineral bisa membuat Anda lebih cepat kenyang dan terhindar dari makanan yang tak perlu. Disebutkan juga bahwa air mineral memberikan efek positif pada sistem metabolisme.

Jenis minuman lain yang dianjurkan adalah jus sayuran, nutrisinya hampir sama dengan jus buah-buahan, tapi kalorinya hanya 50 persennya saja. Satu cangkir jus tomat mengandung 41 kalori, misalnya, sementara jus jeruk mengandung 122 kalori. Jus sayuran juga mengandung tinggi serat yang bisa mengendalikan rasa lapar.

Teristimewa adalah teh hijau. Bukan saja bebas kalori, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ektsrak teh hijau bisa menstimulasi penurunan berat badan. Belum jelas bagaimana teh hijau bisa membantu penurunan berat badan. Diduga mikronutrisi yang disebut catechins memainkan peran tersebut. Paling tidak dua cangkir teh hijau setiap hari, mungkin bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?