GuidePedia

0
Mikhail Gorbachev. AP/Alexander Zemlianichenko

Moscow - Sejumlah politisi pro Kremlin di parlemen Rusia, Duma, meminta investigasi dilakukan terhadap mantan presiden Mikhail Gorbachev yang dianggap berperan meruntuhkan Uni Sovyet pada tahun 1991.

Permintaan investigasi itu disampaikan kepada Jaksa Agung Rusia Yury Chaika seperti dilansir Izvestia, Kamis, 10 April 2014. Adapun politisi pro Kremlin yang meminta investigasi berasal dari faksi Rusia Bersatu yakni Partai Komunis dan Partai Demokrat Liberal.

Menurut para politisi itu, Gorbachev telah melakukan tindakan ilegal dengan membuat Uni Sovyet runtuh. Padahal pemungutan suara yang diadakan saat itu menghasilkan lebih dari 77 persen menikmati hidup dibawah naungan Uni Sovyet.

"Penyelidikan yang dilakukan lembaga-lembaga yang berkuasa hari ini membutuhkan analisa yang lengkap dan akurat mengenai peristiwa 1991," kata Yevgeny Fyodorov, Wakil pengurus partai berkuasa, Partai Rusia Bersatu.

Mikhail Degtaryov dari Partai Demokrat Liberal mengatakan masyarakat Rusia masih merasakan konsekwensi dari peristiwa 1991. Ia merujuk ke situasi yang dialami masyarakat di Ukraina sekarang. "Masyarakat di Kiev saat ini sekarat dan akan mati gara-gara kesalahan yang terjadi bertahun-tahun yang lalu saat Kremlin membuat keputusan membubarkan negara ini (Uni Sovyet)," katanya.

Ukraina mendeklarasikan kemerdekannya dari Uni Sovyet pada Agustus 1991 sesaat setelah pendukung garis keras Komunis berusaha melakukan kudeta di Moscow untuk menentang Presiden Gorbachev.

Ukraina merupakan satu dari 14 neara yang meraih kemerdekannya setelah Uni Sovyet dibubarkan tahun 1991. Tiga bulan kemudian, persetujuan pembubaran Uni Sovyet ditandatangani oleh pemimpin Republik Sovyet Rusia, Ukraina, dan Belarus di satu pertemuan yang tidak menyertakan Gorbachev.

Gorbachev menolak tuntutan para politisi ini karena dianggap permintaan yang sungguh-sungguh tak beralasan berdasarkan sudut pandang sejarah. Gorbachev merupakan arsitek dari kebijakan reformasi Uni Sovyet yang dikenal sebagai perestroika dan glasnot.





Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top