GuidePedia


 
Sapi telah menjadi sesuatu yang banyak di bicarakan dan diperdebatkan keberadaannya, akhir akhir ini, mulai dari melonjaknya harga Sapi, sampai wacana stop impor sapi dari Aussie , sebagai akibat merenggangnya hubungan Indo- Aussie ! Belbagai rencana alternatif pun bermunculan, dari impor sapi India atau membangun peternakan sapi dengan teknologi tinggi !

Menurut neng memang sebaiknya mulai membangun peternakan sapi dengan teknologi yang tinggi ! Dan neng pun yakin jika para Ilmuwan kita , di perguruan2 tinggi mampu mencari atau membuat teknologi yang tepat ! asal Pemerintah serius dan mau memberi perhatian lebih pada penelitian2 mereka ! Seperti yang diberikan oleh Pemerintah Belgia sebagai contoh. Perhatian serius Belgia tentang pemanfaatan teknologi pada peternakan sapi telah membuahkan hasil yang menggembirakan, yang dinamai sebagai "SAPI BIRU BELGIA", yang bisa menjadi sapi unggulan ;

Sapi biru Belgia ini adalah sapi transgenik, sapi potong yang telah di moditifikasi genetik untuk meningkatkan ukurannya, Sapi ini berasal dari persilangan sapi lokal dengan sapi keturunan pertama sapi shortoon dari inggris . dan dikembang biakan oleh Profesor Hinset, yang bekerja pada pusat "Inseminasi buatan" di Propinsi Liege Belgia

"The Belgian Blue" memilikimutasi alami pada gen , Encoding myostatin, protein myostatin , MYOSTATIN Adalah protein yang bertindak sebagai penghambat perkembangan otot , dan juga mengganggu penumpukan lemak, sehingga sapi terlihat ramping, tanpa lemak dan otot yang menonjol !

Sapi Biru Belgi ini telah meningkatkan rasio konversi pakan, karena asupan pakan yang lebih rendah dari dari kenaikan bobot sapi . Kemungkinan kenaikan fcr ini disebabkan oleh perubahan komposisi kenaikan berat badan, yang menghasilkan Protein yang tinggi dan berkurangnya penumpukan lemak !,
Para ahli berpendapat bahwa ke empukan daging Sapi biru yang khas adalah kelembutan dagingnya, karena ada sejumlah besar serat otot yang lebih kecil . Potongan daging dari sapi ini juga memiliki kandungan kolagen yang lebih rendah, yang memungkinkan kualitas protein ditingkatkan, karena meningkatnya produksi asam amino .

Sapi sapi ini telah selrktif di biakkan, dari sapi yang mengandung gen, Untuk memastikan tak ada gen cacat yang terlewatkan, sex di Blue Belgia telah digantikan dengan telnologi "INSEMINASI" Buatan .
Dan tampaknya sapi sapi ini juga patut tuk jadi pertimbangan Impor sapi kita, yang juga nampak lebih murah dari sapi yang biasanya kita impor, yang dari makanannya yang mewah sudah terlihat lebih mahal !









 
 

Beli yuk ?

 
Top