GuidePedia

OCD yang diperkenalkan Deddy diklaim sebagai sebuah metode kuno dari Tiongkok, sering digunakan oleh para Shaolin Monk. Pendeta Shaolin menggunakan teknik ini sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari di Biara, sementara Deddy memungkasnya menjadi sebuah gaya hidup (yang diklaim sehat dan dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat) Benarkah klaim tersebut? Mari kita bahas, 5 Kontroversi Kesalahan Tips Diet OCD Deddy Corbuzier:

Mengabaikan Sarapan

Kesalahan fatal dari Obsessive Corbuzier Diet adalah: mengabaikan sarapan! Sudah banyak penelitian yang membahas bagaimana pentingnya sarapan untuk tubuh manusia. Mengabaikan sarapan justru merusak tubuh pelan-pelan. Deddy Corbuzier dalam ebooknya tentang OCD menerangkan bagaimana sarapan justru membuat kita cepat mengantuk dan tidak berkonsentrasi. Nah sarapan seperti apa itu? Sarapan yang terlalu banyak asupan karbo memang benar akan menyebabkan kita mengantuk Sarapan tetap penting, tapi lebih penting lagi adalah sarapan sehat. Sarapan dengan mengutamakan buah dan sayur serta sedikit saja karbohidrat dari nasi, mie, biskuit, sereal, roti, dan produk turunan beras/gandum. Mengabaikan sarapan apalagi sarapan sehat adalah sebuah keniscayaan menuju tubuh yang rentan penyakit.

Mengabaikan Waktu Makan

Sudah mengunduh dan membaca ebook tentang Obsessive Corbuzier Diet? Deddy Corbuzier membagi waktu makan dalam rentang 8, 16 dan 20 jam. jadi jika anda mengambil gerbang makan 8 jam, maka selama 8 jam itu bebas makan apa aja (tapi bukan menjadi rakus) dan selama 16 jam kemudian puasa/fasting alias tidak memasukkan karbo, lemak, protein, gula ke dalam tubuh kecuali air putih Yang menjadi kontroversial disini adalah waktu makannya itu. Ketika anda mengambil gerbang makan 8 jam, itu waktunya boleh kapan aja. Let’s say dimulai dari jam 20.00 malam, itu berarti dari jam 20 sampai jam 4 pagi bebas makan. Jam 12 malam pun bebas makan dan itu dianggap sehat! Expert Nutritionist tahu sekali jika makan pada jam-jam segitu (diatas jam 10 malam) adalah waktu makan yang salah! Pada jam segitu harusnya tubuh sudah beristirahat dari segala macam kegiatan metabolisme yang berat-berat. Makan malam terakhir sebaiknya tidak lebih dari jam 19.

Puasa Menaikan HGH?

Obsessive Corbuzier Diet menggunakan teknik intermitten fasting (16/8, 18/6 atau 20/4) dan diklaim dapat meningkatkan Human Growth Hormone (HGH). Penelitian tentang intermitten fasting memang ada:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/arti...les/PMC329619/
http://www.eurekalert.org/pub_releas...-sfr033111.php

Namun penelitian ini masih perlu pendalaman lagi dan belum mengambil kesimpulan apa-apa. HGH secara alami dihasilkan tubuh ketika bergerak secara aktif misalnya dalam olahraga yang bersifat cardio (cardio exercises) atau dalam olahraga angkat beban (fitness). HGH juga bisa ditambahkan ke dalam tubuh melalui obat-obatan yang harus diresepkan oleh dokter ahli. Beberapa produk suplemen menggunakan HGH dan pada kompetisi profesional ini dilarang.

Otot Tidak Akan Menyusut

Binaragawan dan atlet profesional pasti terheran-heran mendengar klaim ini. Karena memang klaim tersebut ngawur sekali. Tisak ada atlet pro yang berani berpuasa begitu lama untuk mencapai level kebugaran tubuh yang maksimal. Puasa dalam waktu lama justru akan membuat muscle mass menyusut.

Makan Apa Aja!

Klaim yang amat menyesatkan! Makan apa aja ? Justru dalam pola hidup sehat, porsi training hanya 30 persen, sisanya adalah dari makanan sehat. Deddy Corbuzier adalah selebrity yang tentu saja duitnya banyak. Dia pasti dong menjaga makan dan mampu membeli makanan sehat. Bagaimana dengan mahasiswa kantung pas-pasan? So klaim makan apa aja itu a BIG NO NO. Jadi jangan percaya begitu saja dengan klaim ini!

Kesimpulan:
Puasa memang bagus untuk kesehatan dan semua ajaran agama ada anjuran untuk berpuasa. Statement Deddy yang ini memang benar. Tapi puasa yang dimaksudkan hanya untuk langsing aja adalah sebuah upaya yang salah kaprah, apalagi jika tidak dibarengi dengan asupan makanan sehat. Makanan sehat yang saya maksud adalah memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah justru merupakan sumber karbo yang paling sehat. Jika anda selama ini mengenal sayur dan buah hanya sebagai sumber serat, vitamin dan mineral maka sudah saatnya pandangan anda tsb diupgrade!
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !

Beli yuk ?

 
Top