GuidePedia

Voyager


Menurut analisis baru dari para ilmuwan di University of Maryland,Voyager 1 akhirnya meninggalkan Tata Surya - menandai untuk pertama kalinya benda buatan manusia telah memasuki Bima Sakti dan berada di luar pengaruh Matahari.

"Ini adalah pandangan yang agak kontroversial, tapi kami pikir Voyager akhirnya meninggalkan Tata Surya, dan benar-benar memulai perjalanan melalui Bima Sakti," kata penulis studi Marc Swisdak, UMD fisikawan plasma.

Menurut laporan tim di Astrophysical Journal Letters, model mereka tentang tepi luar Tata Surya menunjukkan bahwa Voyager 1 memasuki ruang antarbintang sekitar satu tahun yang lalu.Laporan ini bertentangan dengan penelitian yang dilakukan oleh NASA yang mengatakan pesawat tersebut masih dalam zona transisi di tepi pengaruh Matahari.

Data dari Voyager 1 baru-baru ini menunjukkan tanda-tanda bahwa pesawat itu melintasi lapisan terluar dari heliosphere, atau wilayah ruang angkasa yang penuh dengan medan magnet matahari dan muatan partikel.Voyager kabarnya membuat "banyak penyeberangan batas seperti apa yang sebelumnya diamati," kata ilmuwan proyek.

Pesawat tersebut beberapa dips dari jumlah partikel matahari,yang sebanding dengan peningkatan tajam elektron dan proton galaksi yang ditemukan di ruang antar bintang.Sebulan setelah pembacaan anomali ini,jumlah partikel surya berhenti dan hanya jumlah partikel galaksi yang tetap.Namun, Voyager 1 tidak mencatat perubahan dalam arah medan magnet.


Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae

Beli yuk ?