GuidePedia

Sebuah sekolah Inggris yang berlokasi dekat dengan bandara internasional Heathrow, London, membangun sebuah taman bermain mirip markas tokoh boneka Teletubies.

Hal ini sengaja dilakukan Sekolah Hounslow Heath untuk meminimalisasi suara bising pesawat, yang melintasi sekolah itu setiap dua menit sekali dengan ketinggian hanya berjarak 180 meter.

Dilansir laman Daily Mail, Kamis 25 April 2013, taman bermain itu terdiri dari empat bangunan menyerupai rumah iglo yang biasa digunakan untuk tempat berlindung ketika terjadi gempa atau bencana lainnya.

Menurut penuturan Kepala Sekolah Kathryn Harper-Quinn, tiap kali pesawat melintas di atas sekolahnya, maka tekanan suara yang dihasilkan mencapai 87 desibel.

"Ketika anak-anak bermain di luar, mereka tidak memiliki tempat lain untuk beraktivitas di luar. Mereka menjadi korban akibat suara bising pesawat itu," ujar Kathryn.

Tempat bermain ala rumah Teletubies itu tidak dilengkapi pintu sehingga seolah-olah anak-anak sedang berada di area terbuka. Setelah melalui uji coba, menurut Kathryn, dengan berada di dalam area bermain itu dapat mengurangi tekanan suara hingga 17 desibel.

"Anda tetap akan dapat mendengar suara pesawat yang melintas tetapi Anda juga mampu mendengar suara Anda sendiri," kata dia.

Suara bising pesawat menjadi kebijakan dilema bagi pemerintah, karena mereka saat ini berusaha untuk memperluas Bandara Heathrow.

Para pemimpin dan pengusaha maskapai penerbangan berusaha menekan pemerintah Inggris untuk memperluas area bandara yang berdampak kepada 750 ribu penduduk yang tinggal di sekitar bandara. (ren)

Hounslow Heath children

The playground is directly under the flight path of Heathrow's southern runway


The domes, an invention of Iranian architect Nader Khalili, were originally meant for lunar settlements

The domes have a 'strong psychological and physical barrier' against the noise 

The domes have also been installed in the Himalayan foothills of Nepal 

The domes were first employed in a refugee crisis after the 1990-91 Gulf war - but have become a saviour at playtime



Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
 Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top