GuidePedia


India baru-baru ini telah menemukan cara yang unik untuk mengatasi kekacauan lalu lintas di kota Banglore. Mereka menugaskan petugas polisi yang bekerja selama 24 jam, selama seminggu penuh tanpa  istirahat dan tanpa bayaran. Hah? Mereka bukanlah polisi setia yang aboi bayangkan, melainkan polisi-polisi boneka yang terbuat dari kardus.

polisi brutal India
Ya, polisi kardus seukuran manusia itu memang memiliki tampilan fisik yang persis seperti polisi lalu lintas. Mereka ditempatkan di sudut-sudut kota Bangalore guna menertibkan para pengguna jalan yang kerap melanggar aturan.
Kota Bangalore telah menghadapi kesulitan yang serius berhubungan dengan pelanggaran lalu lintas. Meski kepemilikan kendaraan mobil rendah, namun tingkat kematian meningkat tajam di kota yang memiliki populasi 8,5 juta orang ini. Sepanjang tahun 2012, setidaknya 2 pengguna jalan meninggal setiap harinya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa kota Bangalore membutuhkan setidaknya 6.000 polisi lalu lintas untuk mengontrol para pengguna jalan, tapi mereka baru hanya memiliki 3.000 personil.

“Polisi tidak bisa ditempatkan di  setiap persimpangan jalan,  karena kita tidak memiliki personil yang cukup.  Sedangkan yang cenderung dilakukan oleh para pengendara adalah bahwa setiap kali mereka tidak melihat adanya polisi lalu lintas pada setiap bentangan jalan, mereka mencoba untuk melanggar aturan lalu lintas,” ucap komisaris polisi, Dr MA Saleem, dikutip dari Metro.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah setempat datang dengan ide ‘cerdik’, yaitu membuat potongan kardus seukuran polisi lalu lintas, lalu menempatkannya di sudut-sudut jalan paling sibuk di kota tersebut.

“Dampaknya sudah cukup baik. Banyak orang yang ingin melanggar segera kembali setelah melihat adanya polisi kardus. Bahkan seorang pengguna jalan ditemukan berbicara dengannya,” ungkap Saleem.

Namun, langkah tersebut belum diterima secara umum oleh warganya. Bahkan banyak dari warga yang marah kepada pemerintah karena telah menghina kecerdasan mereka dengan mencoba untuk menipu mereka dengan polisi boneka. (**)

Sumber : Metro.co.uk,
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top