GuidePedia


Dulu, rematik identik dengan penyakitnya orangtua, tapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Faktanya, rematik dapat menyerang semua kalangan usia dan tanpa membedakan jenis kelamin.

Mungkin, kita hanya mengenal rematik yang menyerang sendi dan tulang. Padahal, rematik pun dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya. Selain sendi, yang dapat diserang adalah otot dan jaringan tubuh.

Untungnya, penyakit yang dikenal menjengkelkan ini dapat dicegah. Penyakit yang membuat kerusakan pada sendi ini dapat dicegah dengan memperhatikan pola makan, olahraga teratur serta menghindari stres.

Salah satu asupan yang dapat menghalau timbulnya rematik adalah jus buah dan sayuran. Unsur-unsur organik yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat diserap tubuh dengan mudah dan memberikan nutrisi pada tubuh.

Ada beberapa sayuran dan buah-buahan untuk mencegah rematik. Menurut dr. Prapti Utami dalam bukunya 'Terapi Jus untuk Rematik dan Asam Urat' jus tersebut adalah wortel, alpukat, pepaya, tomat, dan seledri. Berikut ini cara pembuatan dan anjuran penggunaannya.

Jus Wortel

Ambil 200 gr wortel. Iris kecil-kecil dan diblender, sehingga diperoleh satu gelas jus wortel. Jus ini diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Jus Alpukat

Jus ini terbuat dari alpukat dicampur dengan air atau susu kedelai. Caranya, yaitu buang biji dan ambil daging buahnya sebanyak 100 gr. Lantas dipotong kecil-kecil, kemudian diblender. Tambahkan air atau susu sedikit demi sedikit. Jus dikonsumsi sekali sehari pada siang atau malam hari.

Jus Pepaya

Ambil 100 gr pepaya, potong kecil-kecil dan diblender dengan tambahan air secukupnya. Jus dikonsumsi sekali sehari pada pagi atau siang hari.

Jus Tomat

Bahan 50 – 100 gr tomat lantas dipotong kecil dan diblender. Jus diminum sekali sehari, diminum 2 – 3 jam setelah makan.

Jus Seledri

Ambil 3 - 4 batang seledri masing-masing sekitar 30 cm. Potong kecil-kecil dan blender. Dianjurkan untuk diminum sekali sehari, 2 - 3 jam setelah makan.




mrongos....
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI ! 
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top