GuidePedia

Tulang rusuk berfungsi sebagai pelindung dada dan segala organ yang ada di dalamnya seperti paru-paru, jantung dan hati. Tapi bagaimana jika tulang rusuk itu merosak organ-organ yang harus dilindunginya akibat penyakit langka?

Keadaan ini terjadi pada lelaki malang asal Inggris bernama Dale Hay. Dale terlahir dengan penyakit bernama Pectus excavatum yang berarti dada berlubang. Namun meski penyakit ini dibawanya sejak lahir, Dale mengaku baru merasakan gejalanya hingga menjelang remaja.

Dale penasaran mengapa ia sangat kesulitan untuk bernafas, lalu ia browsing lewat mesin pencari Google dengan cara mencantumkan sejumlah gejala yang ia rasakan selama ini. Dari situlah Dale mendiagnosis dirinya sendiri dengan sebuah penyakit langka.

"Saya mendatangi dokter dan memperlihatkan apa yang saya temukan di internet. Dari situ ia mengirim saya untuk di-scan di Heartlands Hospital, Birmingham dan mereka mengatakan jika dada saya sangat sempit dan jika ini tidak segera ditangani, ini akan menabrak jantung saya," kisah Dale seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (22/2/2013).


"Mereka bilang akan menyelipkan sebuah logam batangan ke dalam dada saya agar tulang rusuk saya bisa dipisahkan sekaligus memaksanya untuk tumbuh secara normal. Ini terdengar sangat aneh tapi saya kira itu memang perlu dicoba," lanjutnya.

Pada musim panas 2010, pasukan dokoer pun berhasil melakukan prosedur operasi untuk memasukkan semacam 'penjepit' khusus pada tulang rusuk Dale. Penjepit yang terbuat dari logam dan berukuran sepanjang kaki orang dewasa ini berfungsi untuk menahan tulang tersebut agar tak menabrak jantung dan paru-paru Dale.



3,5 Tahun kemudian, tim dokter menyatakan 'penyepit' logam di tulang rusuk Dale sudah boleh dicabut. Diperkirakan setelah itu, tulang rusuk Dale akan normal untuk seterusnya.

"Saya sangat senang karena akhirnya logam ini bisa dikeluarkan kerana saya tak nyaman. Logam ini juga membuat tulang rusuk saya agar menjorok keluar dan rasanya aneh, tapi bagaimanapun ini telah menyelamatkan hidup saya," kata Dale yang berasal dari Atherstone, Warwickshire tersebut.

Kendati begitu, Dale masih belum boleh bernafas lega karena operasi untuk mengeluarkan logam tersebut dari dalam tubuhnya ternyata harus dibatalkan hingga empat kali. Penyebabnya, rumah sakit tempatnya dirawat kebanjiran pesakitn sehingga belum sempat menangani Dale.

Namun Dale menolak menyalahkan siapapun, ia tetap memilih bahagia dan bersyukur kerana nyawanya terselamatkan oleh logam tersebut.


 

Beli yuk ?

 
Top