GuidePedia

Boi.. Aing mau sharing tentang presentasi Daliana Suryawinata, salah satu arsitek kebanggaan anak negeri yang punya karir luar biasa di luar negeri.

Pada video dibawah ini dia presentasi tentang SUPERKAMPUNG yang akan beroperasi di Jakarta tahun 2045.


Konsepnya sama dengan cita2 Jokowi-Basuki yang akan memajukan kampung2 di Jakarta sesuai dengan karakteristik dari kampung itu sendiri. Dia melihat kondisi saat ini bahwa kampung2 di Jakarta punya spesialisasi bisnis tersendiri yang sangat bagus untuk dikembangkan di masa depan.

Sebagai contoh, dia memaparkan klo Kampung Tegal Parang bisa menjadi Protein Kampung, Rawajati menjadi Herbal Kampung, Kebon Kacang menjadi Textile Kampung, Tomang menjadi University Kampung, Penjaringan menjadi Fishery Kampung dll.

Dia membandingkan bahwa Shanghai dan Seoul yang juga menjadi sasaran urbanisasi ternyata memiliki masalah yang lebih tinggi akan "block attack" dibanding Jakarta. Jadi Jakarta sendiri masih mempunyai kesempatan yang luas untuk membangun kampung2 sesuai dengan karakteristiknya.

Pastinya dengan adanya SUPERKAMPUNG ini, kesejahteraan rakyat Jakarta akan membaik karena tiap2 kampung akan menjadi tempat shopping yang unik dan mampu memberdayakan masyarakat sekitar.

Terakhir, dia bilang klo SUPERKAMPUNG ini akan menjadi karakteristik dari Jakarta dibanding kota lain di seluruh dunia. Dan jika ini mampu terwujud, Singapore akan sangat iri dengan Jakarta, karena pada tahun 1980an mereka juga punya rencana besar ini. Tapi kemudian batal digunakan dan membangunnya dengan cara seperti sekarang ini.

Mudah2an rencana ini benar2 bisa terwujud. Dari aing sendiri berpikir jika sentra bisnis di Jakarta lebih merata, maka mobilitas penduduk dari rumah ke tempat kerja menjadi lebih dekat. Artinya kemacetan bisa berkurang, arah pembangunan transportasi juga bisa lebih jelas.

Mudah2an dengan lebih banyak orang tahu akan masa depan ibu kota negara ini, semangat untuk membenahinya menular ke yang lain.

Oiya, buat ahli2 yang lain pada pulang kampung dong. Daliana aja sudah mau mikirin yang baik buat negara ini. Aing yakin kita punya banyak ahli di luar negeri sana.

Beli yuk ?

 
Top