GuidePedia

Kurangi Siswa Bolos, Brasil Tanamkan Mikrochip pada Seragam Sekolah ...


Memantau siswa yang bolos sekolah merupakan pekerjaan yang sulit, namun sekolah di Brazil mempunyai cara yang unik untuk menyelesaikan masalah ini, yaitu memasang chip komputer pada seragam sekolah para siswanya.

Chip komputer ini nantinya akan ditanamkan pada seragam sekolah untuk melacak siswa untuk mengurangi pembolosan.

Orang tua siswa akan mendapatkan pesan teks bila anak-anak mereka tiba di sekolah, atau jika mereka terlambat masuk kelas.

Pihak berwenang mengatakan tindakan ini akan membantu hubungan antara guru dan orangtua siswa.
Pihak berwenang di Vitoria da Conquista, Bahia, menyebut bahwa T-Shirt yang dilengkapi mikrochip ini adalah "seragam cerdas".

Mereka mengatakan bahwa tahun depan semua murid sekolah lokal yang berusia sampai 14 tahun akan menggunakannya.


Coriolano Moraes, Direktur pendidikan kota Vitoria da Conquista mengatakan bahwa sistem itu diperkenalkan karena orang tua tidak menyadari bahwa anak-anak mereka sengaja tidak masuk sekolah.

"Kami melihat bahwa banyak orang tua akan membawa anak mereka ke sekolah tapi tidak akan melihat apakah mereka benar-benar memasuki gedung karena mereka selalu pergi terburu-buru untuk pergi bekerja," katanya Associated Press.

Chip ini akan diletakan di bawah lencana seragam sekolah, atau pada lengan baju. Ketika murid melewati sensor di pintu masuk sekolah, chip mengirimkan pesan SMS kepada orang tua.

Jika mereka lebih dari 20 menit terlambat masuk kelas, keluarga mereka diberitahu dengan pesan yang berbeda bahwa anak mereka masih belum tiba di sekolah.

Pemerintah daerah setempat telah menginvestasikan sekitar 700.000 dolar Amerika untuk sistem ini. Pihak berwenang di Vitoria da Conquista mengatakan seragam sekolah itu dapat dicuci dan disetrika tanpa merusak chip didalamnya.

Kira2 warga indonesia setuju gak ya dengan opsi ini...terlebih para pelajar... hehehehehe....

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?