GuidePedia

0

Organisasi Industri Pertahanan Iran menciptakan proyektil artileri baru dengan laser pemandu. Iran mengklaim, hanya ada beberapa negara di dunia yang menguasai teknologi pintar ini. Proyektil artileri baru ini oleh Iran dinamakan Basir atau cerdas. Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi mengatakan, proyektil itu diproduksi oleh para ahli Organisasi Industri Pertahanan yang seluruhnya adalah warga negara Iran.

Laser pemandu yang terdapat pada proyektil, ujar Vahidi, menjadikan proyektil ini dapat dengan akurat melacak, mengidentifikasi, menemukan serta memperhitungkan jarak sasaran. "Amunisi cerdas ini mampu menembak dan menghancurkan jembatan, tank, perangkat militer, dan benda bergerak," kata Vahidi.

Selain itu, lanjutnya, proyektil ini juga dapat digunakan untuk pertempuran di medan pegunungan. Daya ledak proyektil mampu menhancurkan bunker dan sistem pertahanan musuh. Vahidi mengatakan, teknologi baru ini merupakan babak baru bagi kemajuan alat militer dan persenjataan Iran. "Selain Amerika dan Rusia, hanya ada tiga negara yang menguasai teknologi ini," kata Vahidi lagi. Dalam pidatonya di upacara peringatan Revolusi Islam Iran tahun 1979, Vahidi mengatakan teknologi baru itu adalah satu dari upaya Iran dalam memodernisasi militer. Iran ke depannya akan memperbarui dan memproduksi lebih banyak lagi senjata buatan dalam negeri untuk pertahanan. "Iran saat ini adalah produsen senjata pintar nomor lima di dunia," kata Vahidi.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?