GuidePedia

0
Telur ayam yang bisa berdiri pada pukul 12.00 WIB tepat di hari Peh Chun.

Banyak cara mengolah telur, mulai merebus, goreng, mengukus hingga memindang. Tiap cara yang digunakan berdampak pada rasa, bentuk, dan tampilan. Supaya olahan telur lebih kaya rasa dan nutrisinya tidak berkurang, cermati tip berikut ini:

Telur rebus
Untuk merebus telur bisa dalam tiga tingkat kematangan yang berbeda:

* Matang sempurna
Ditandai dengan warna putih susu bagian putih telur dan kuning tua bagian kuningnya. Tekstur telur padat, kenyal, dan lembut.

- Cara membuatnya: Didihkan air lalu masukkan telur. Usahakan telur terendam air rebusan. Tambahkan sedikit cuka untuk mempercepat proses pematangan putih teluar. Agar cangkang tidak retak, tambahkan sedikit garam. Rebus selama 15 menit, lalu masukkan telur dalam air dingin agar cangkang mudah dikupas dan kuning telur tidak menjadi abu-abu.

* Setengah matang
Bagian kuning dan putihnya belum terlalu padat. Cara membuatnya sama dengan telur matang sempurna, tetapi waktu untuk merebus cukup tujuh menit.

* Seperempat matang
Ditandai dengan lelehan kuning telur yang menggiurkan dan putih telur lembut serta transparan.

Gunakan sendok atau seruput kuning telur, setelah sebagian cangkang dibuka. Tambahkan merica dan garam bubuk untuk memperkaya rasa.

Cara membuatnya sama dengan telur setengah matang, tapi waktunya cukup lima menit saja. Sebaiknya gunakan telur ayam kampung, karena aromanya lebih bersahabat dibandingkan teluar leghorn yang cenderung amis.

Dadar
Dadar tipis, terbuat dari campuran telur dengan sedikit garam dan minyak goreng. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit dalam wajan dadar anti lengket yang telah panas.

Omelet
Terbuat dari telur kocok yang diberi bahan tambahan susu cair, sayuran, bahan sumber protein. Sebagai penambah rasa, dibumbui garam, dan merica.

Cara membuatnya, kocok telur, garam, dan merica hingga lembut. Selanjutnya masukan bahan tambahan. Tuangkan adonan dalam wajan anti lengket, lalu tutup wajan. Masak di atas api kecil hingga bagian bawah omelet mulai kering. Balik omelet, tutup wajan. Masak kembali hingga sisi lainnya matang dan kering.

Poached egg
Adalah telur ceplok yang dibuat dengan cara direbus. Caranya didihkan satu liter air dalam panci stainless steel yang cekung. Tambahkan satu sendok makan cuka, satu sendok makan minyak goreng, dan satu sendok teh garam. Pecahkan telur dalam sendok sayur lalu masukkan dalam air mendidih.

Rebus telur hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Telur matang sempurna akan lepas dengan sendirinya dari sendok sayur.

Telur pindang
Merupakan telur bermotif abstrak. Umumnya disajikan dalam acara syukuran adat Jawa. Manfaatkan campuran daun jambu, air the dan kulit bawang merah untuk mendapatkan motif dan warna tersebut.

Cara membuatnya, didihkan air, air daun jambu, dan kulit bawang merah. Masukkan teluar hingga terendam air rebusan. Setelah telur _ matang atau telur direbus sekitar 10 menit. Angkat telur dengan menggunakan sendok sayur. Ketuk perlahan permukaan cangkang telur dengan menggunakan sendok makan untuk membentuk motif. Masukkan kembali telur dalam air rebusan masak kembali hingga air terserap dan motif terbentuk.

Scrambled egg
Scrambled egg atau telur orak arik itu terbuat dari campuran telur, susu cair, keju, dan sedikit margarin yang dicairkan. Tampilannya bergumpal-gumpal dengan ukuran yang tidak merata. Cara membuatnya kocok telur hingga lembut lalu tambahkan bahan lainnuya. Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang. Lalu tuangkan campuran telur, aduk hingga telur bergumpal-gumpal dan marang. Tingkat kematangan sesuaikan selera.

Telur ceplok
Tingkat kematangan bisa disesuaikan dengan selera. Untuk membuatnya bisa dengan minyak goreng atau margarin. Kalau digoreng dalam wajan biasa bentuknya tidak bagus tapi sekarang sudah banyak wajan untuk membentuk telor dengan beragam bentuk..

| Sumber: TRIBUNNEWS.COM

Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top