GuidePedia

0


Pax Xiu Da alias campuran kopi dan susu dingin a la Vietnam ini memang nikmat dan segar. Kudapan ringan Vietnamese Sandwich yang renyah atau Vietnamese Pancake yang lezat bisa jadi pasangan yang sempurna. Acara ngopi sore pun tak hanya makin istimewa namun juga mengasyikan!

Saat meluncur menembus kemacetan dan teriknya kota Jakarta tiba-tiba saya membayangkan segelas Ca Phe Sua Da dingin. Hmm... racikan kopi a la Vietnam ini memang sungguh nikmat. Apalagi saat diteguk saat cuaca terik seperti ini. Jadilah siang itu saya memutuskan untuk bersantai sejenak menyeruput kopi dingin.

Ditilik dari namanya 'Vietopia' mungkin sudah bisa ditebak kalau restoran ini menyajikan hidangan Vietnam. Letaknya berada di Jl. Cikini Raya menempati jejeran bangunan lama yang kebanyakan dijadikan restoran. Dari luar restoran dicat putih bersih, tampil memikat dengan keanggunan tempo doeloe.

Sederhana, itulah kesan pertama saya saat mengedarkan pandangan. Kesan polos dan sederhana tersebut terlihat dari minimalisnya pernak-pernik yang menghiasi restoran ini. Hanya pilar-pilar putih di sudut ruangan, deretan sofa kulit yang menempel dinding dan meja kursi kayu ditata berjejer memenuhi restoran yang berlangit-langit tinggi.

Dalam buku menu hampir semua menu yang ditawarkan berbahasa Vietnam seperti Bo Luc Lac, Pho Bo, Goi Du Du , dll. Namun buat yang tidak familier dengan hidangan Vietnam tak perlu khawatir, karena ada keterangan bahasa Inggris pada setiap menu.

Sebenarnya saya bukan tergolong pencinta kopi. Namun pengalaman pertama kali mencicipi Vietnamese coffee membuat saya langsung jatuh cinta pada minuman ini. Selain kopi Vietnam yang disajikan panas dan dingin, ada pula minuman lainnya seperti aneka jus, soda, home made lemon tea, dan smoothies.

Saat akan memesan saya cukup dibingungkan oleh perbedaan Ca Phe Sua Da dan Pax Xiu Da . "Pax Xiu Da ini merupakan versi ringan dari Ca Phe Sua Da (Vietnamese Coffee) karena menggunakan susu lebih banyak," jelas sang pelayan saat saya menanyakan perbedaannya.

Akhirnya pesanan saya jatuh pada Pax Xiu Da dan segelas home made ice lemon tea untuk teman saya. Sayang saat ingin menyandingkan Pax Xiu Da dengan Banh Mi Thit, yaitu sandwich Vietnam yang renyah ternyata hidangan tersebut sudah habis dipesan. Wah... rupanya sandwich tersebut merupakan salah satu menu favorit disini tak heran kalau cepat habis. Karena tidak ingin menyantap makanan berat saya memilih Banh Xeo, pancake Vietnam yang membuat penasaran. Lalu seporsi Gui Cuon dan Chan Ga Chien Nuoc Mam.

Pax Xiu Da tersaji unik dalam sebuah gelas berisi susu kental manis dan sebuah teko kecil yang mirip dengan saringan teh bernama 'ca phe phin'. Saringan ini terbuat dari baja tahan karat dan digunakan untuk menyaring kopi bubuk yang sudah dituangi air panas.

Saya pun menikmati pemandangan khas air kopi yang menetes perlahan dari saringan dan langsung ditampung dalam gelas. Setelah itu barulah kopi diaduk dengan susu dan dituangkan ke dalam es batu dalam gelas terpisah. Slurpp... perpaduan pahit manis dan dinginnya kopi meluncur melegakan tenggorokan... suegerr!!

Gui Cuon alias lumpia yang dibalut bahn trang yaitu kulit lumpia putih bening yang terbuat dari tepung beras. Lumpia ini berisi bihun, sayuran segar, udang, ayam, irisan telur dadar, dan daun mint. Sebagai pelengkapnya ada saus hoisin berwarna kecoklatan beserta gerusan kacang tanah.

Rasa lumpia yang segar berpadu serasi dengan saus hoisin yang manis-manis enak. Meskipun sayang menurut saya bihunnya terlalu banyak sehingga saat dinikmati berhamburan keluar. Sedangkan Chan Ga Chien Nuoc Mam yaitu sayap ayam yang dibalut tepung digoreng kering kemudian diberi bumbu karamel yang wangi dan legit. Sebuah sensasi manis yang harum dilidah.

Yang saya tunggu-tunggu akhirnya tiba, Banh Mi Thit disajikan dalam piring putih seperti omelet yang dilipat dua. Kulitnya kekuningan dengan sembulan isi berupa cincangan daging ayam dan udang dengan sayuran seperti bawang bombay dan daun mint. Rasa pancake yang terbuat dari tepung beras tipis ini begitu crispy serasi berpadu dengan isiannya yang royal. Cocolan saus nuoc cam yang asam manis pedas menambah lezat rasanya nyam.. nyam.. saya pun jadi tak bisa berhenti mengunyah!

Rupanya hidangan Vietopia yang lezat dan suasana restoran yang menyenangkan di Vietopia membuat saya betah berlama-lama. Apalagi sambil menghirup segelas kopi dingin saya pun bisa berinternet ria mengecek pekerjaan berkat layanan free wifii yang disediakan. Nah, tertarik menikmati secangkir kopi Vietnam sore ini?

Vietopia
Jl. Cikini Raya no.33
Jakarta Pusat
Telp: 021-3915893
Jam Buka: 11.30 - 22.00
Range Harga Makanan dan Minuman: Rp 11.000,00 - Rp 59.000,00.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top