GuidePedia

0
Indonesia kembali disebut dalam kawat diplomatik milik pemerintah Amerika Serikat yang dibocorkan Wikileaks. Pemerintah Indonesia dilaporkan terus melobi dan meminta pemerintah Amerika untuk mencabut larangan pelatihan bagi para anggota Kopassus, satuan elit di Angkatan Darat. Lobi ini berlangsung selama empat tahun terakhir.

Bocoran terbaru Wikileaks ungkap SBY bisa melindungi kepentingan Amerika Serikat di kawasan, termasuk kerjasama memerangi terorisme, bila hubungan Amerika Serikat dengan Kopassus membaik.

Dalam kawat yang dibocorkan Wikileaks dan dimuat di harian Australia The Age hari ini, Jumat (17/12), para diplomat Amerika di Jakarta meminta keinginan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dikabulkan oleh Washington. Mereka yakin bila hubungan dengan Kopassus telah baik dan pelatihan dimulai kembali maka pemerintahan SBY dan militer akan melindungi kepentingan Amerika Serikat di kawasan, termasuk kerjasama memerangi terorisme.

Pejabat Kedutaan Besar Amerika di Jakarta yakin dengan dijalinnya kerjasama militer dan pelatihan bagi Kopassus akan mendorong reformasi militer di Indonesia. Kawat yang mengungkapkan hal tersebut berbunyi: “Presiden Yudhoyono (SBY) dan pejabat senior Indonesia lainnya dengan jelas mengatakan masalah pelatihan bagi Kopassus adalah sebuah ujian bagi hubungan bilateral Amerika-Indonesia, SBY yakin kunjungan Presiden Obama tidak akan sukses bila masalah ini tidak diselesaikan.”

Pada bulan Juli lalu Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan, pemerintah Amerika Serikat akan memperbaharui dan memperbaiki hubungannya dengan Kopassus. Menurut dia, pemerintah Amerika telah melihat hasil reformasi militer selama sepuluh tahun terakhir, meningkatnya profesionalitas anggota TNI dan bagaimana Departemen Pertahanan menangani masalah hak asasi manusia.

Namun beberapa kawat diplomatik lainnya, pejabat Kedutaan Besar Amerika di Jakarta masih khawatir beberapa masalah di tubuh TNI. Seperti kawat yang dikirim dari Jakarta ke Washington pada April 2007, para diplomat sangat khawatir penuntasan dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh TNI di masa lalu. “Kita perlu terus mendorong pemerintah Amerika mengambil langkah untuk lebih terbuka dan akuntabel,” tulis kawat tersebut.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top