GuidePedia

1
[rasia.jpg]
gue mau menceritakan hasil ngobrol2/interview dengan seorang abang becak di kota solo…

Dari hasil ngobrol2 itu, gue mau berbagi suatu cerita curahan hati yang jujur dan polos dari seorang abang becak yg merasa hidupnya cukup terbantu dengan adanya penampungan2 di solo spt 52, 62, 137, 190, dll. dimana dia akan mendapatkan tip yang lumayan dari tempat2 tersebut ketika mengantar tamu kesana…

Kejadiannya jumat lalu sekitar siang jam 11.00 an.

waktu itu gue sedang ada di depan proyek bangunan gue…

di depan proyek saat itu lagi nongkrong, sebuah becak dgn abangnya lagi duduk2 di dalamnya…kelihatannya lagi agak ngelamun pikirannya…

iseng2 gue deketin dia…

umurnya sekitar 50 an menurut gue…

( percakapan Bahasa jawa gue translate ke indonesia aja )

Tomodachi (T) = piye pak…lagi nunggu penumpang ya…panas banget yo…

Abang Becak (A) = iya mas…panas banget…capek tadi abis nganter orang di dekat sini tadi, jadi saya istirahat dulu disini…

T = rokok pak…( gue tawarin rokok ke dia )

A = ma kasih mas…

T = sudah lama narik becak?

A = udah 25 tahun lebih mas, udah lama sampe saya lupa kapan mulainya.

T = Apa ndak pernah kerja laennya pak?

A = ya pernah nukang bangunan, jadi kuli pasar, tapi ya yg terakhir mbecak ini…

T = dalam sehari bisa dapet berapa pak?

A = ya ndak mesti mas…kalo ndak ada tambahan sana sini ya nombok mas…

T = tambahan apa maksudnya pak? kerja sambilan lainnya?

A = oo ndak…ya tambahan uang tip kalo nganter tamu hotel sahid…

T = ooo biasa mangkalnya di depan hotel sahid yang tinggi itu ya pak?

A = iya, saya biasa mangkal di depan hotel sahid itu…

T = tipnya kalo nganter tamu kemana pak?

A = ya kalo ke tempat batik di kauman atau laweyan dapet 10 persen dari nilai pembelian dari toko batiknya…

T = wah lumayan kalo beli banyak ya…selain itu?

A = kalo nganter ke toko oleh2 khas solo dapet 10 persen juga …

T = kalo Orion juga pak?

A = wah kalo Orion sih ndak mas…pelit…kan tokonya sudah rame sendiri…

T = Kalo yang minta dianter ke tempat yg “asik2″ banyak juga pak?

A = asik2 apa nih? ( he he he dianya tertawa ) masnya tau juga ya…sering ke tempat begituan ya mas?

T = he he he ( gue sih ketawa aja …jawaban yg paling oke )

A = Kalo tempat asik2 di solo ini, saya tau semua mas…kalo dari nganter kesitu dapetnya lumayan mas…

T = salon plus2 ya pak?

A = wah kalo salon pelit mas…sering ndak ngasihnya…cuma kalo udah sering banget baru dikasih…itupun ndak seberapa…

T = kalo sekitar RRI pak?

A = itu juga pelit mas…jarang ngasih…

T = Kalo Panti pijet dekat terminal?

A = itu ngasih mas, biasa 25 ribu sekali anter…

T = lho kalo gitu yg lumayan apa pak?

A = kalo nganter ke penampungan mas…

T = ooo mana aja itu pak? dapetnya berapa?

A= kalo yg saya seringnya 137 dan 190 tapi ya kadang2 juga 52 dan 62, tergantung keinginan tamu juga mas….

biasanya tipnya antara 50 ribu – 100 ribu mas…seringnya 70 ribu, sekali anter mas…

T = semua penampungan ngasih segitu ?

A = ya mas…rata rata segitu semua ngasihnya…eh saya juga bisa nganter ke kost2 mahasiswi lho mas…apa mas mau? ( he he he dia ketawa2 )

T = he he he…mahasiswi mana aja itu pak?

A = ya di daerah dekat kampus UNS biasanya mas…tapi kalo nganter kesana ya ndak naek becak mas…naek bis atau taxi…saya cuma nunjukin tempat kost dan ngasih no hapenya aja…

ntar saya bisa dapet sekitar 70 ribu -100 ribu juga dari mahasiswi itu mas…

biasane kamar kost mahasiswi yg bisa itu, pasti milihnya dipinggir mas…

T = ooo gitu ya pak…( gue sih mengiyakan aja omongannya )

wah jadi penghasilan dari nganter ke penampungan lumayan dong pak?

A = iya mas…saya sangat terbantu dengan adanya penampungan itu…kalo lagi rame itu satu malem saya bisa dapet 200 ribu lebih lho mas…

hidup saya banyak terbantu oleh itu mas…buat ngidupin anak-istri berat mas kalo cuma mbecak biasa2 aja…

wah kalo sampe penampungan2 di solo tutup semua, saya bisa mati mas…

T = waduh masak sampe mati to pak…

A = lha iya mas, wong saya ini orang kecil, bisanya cuma mbecak, mau cari kerja apa lagi coba…umur juga udah segini…untung sekarang anak saya yg paling besar udah kerja sendiri…tapi saya masih nyekolahin 2 adiknya di sma mas…berat sekarang apa2 mahal mas…

T = oo gitu ya pak…

A = iya…eh masnya kalo mau saya anterin ke kost mahasiswi..ada yg sip lho mas…tapi agak mahal 750 ribuan mas…

T = he he he lain kali deh pak…lagi sibuk banyak kerjaan…

eh udahan ya pak, saya mau pergi nih ada keperluan…

ini rokoknya bapak ambil aja…

A = oh ya ma kasih mas…jangan lupa ntar kalo mau yg asik2 cari saya ya mas…

T = he he he ( ketawa aja deh ) oke deh monggo pak permisi…

Dari ngobrol2 ini gue cuma mau berbagi cerita, bahwa dimata sebagian orang, terutama rakyat kecil…adanya suatu penampungan, panti pijet, salon plus, atau apapun itu, yang dimata sebagian orang yang lain dianggap sebagai lambang kemaksiatan yang harus ditutup dan dihilangkan…dihujat disana sini, dirazia tapi hanya untuk kepentingan aparat agar mendapatkan upeti yang besar…

kata abang becak itu, aparat kalo dateng seorang aparat dapet 25 ribu, itupun tiap hari pasti ada aja yg minta setoran…

belum lagi setoran bulanannya katanya…bisa jutaan…

tapi dimata mereka, yang diwakili kisah abang becak yg lugu itu, yg sampe bilang dia bisa mati kalo tempat2 itu ditutup, tempat2 itu merupakan sumber pencaharian yang bahkan melebihi penghasilannya dari mbecak yg tidak seberapa…

bagi sebagian orang mungkin uang 100 ribu atau 200 ribu sehari tidak berharga, tetapi bagi mereka itulah berkah yg melimpah…


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top