GuidePedia

0
Mengingatkan Lukisan Van Gogh. Pada pandangan pertama, garis yang berani dan warna yang mencolok mengingatkan akan salah satu lukisan terkenal Vincent van Gogh bunga matahari. Dan kesamaan ini bukan kebetulan – untuk karya awal, kembali ke masa hampir 50 juta tahun, diyakini menjadi nenek moyang bunga aster modern dan bunga matahari.


Para ilmuwan menemukan fosil indah diawetkan batuan kuno dari, stepa kering yang tersapu angin utara-barat Patagonia. Hal ini diyakini milik keluarga Asteracaea, yang meliputi aster, bunga matahari dan dandelion dan merupakan kelompok tanaman berbunga yang paling beragam di Bumi.

Tanaman Asteracaea termasuk krisan, selada dan artichoke. Fosil Asteracaea paling kuno ditemukan sebelumnya tidak lebih dari serbuk sari. Spesimen yang baru ditemukan, dijelaskan hari ini di jurnal Science, menunjukkan beberapa keunggulan Asteracaea termasuk struktur daun seperti disebut phyllaries. Fiturnya yang paling menonjol adalah kapitulum padat – kepala bunga yang besar dan padat yang menciptakan “matahari” dalam bunga matahari.


Batuan bantalan fosil, terpendam sepanjang Pichileufu Sungai di Argentina selatan, yang diperkirakan berusia sekitar 47,5 juta tahun. Para ilmuwan yakin bunga Asteracaea mungkin telah muncul di superbenua selatan Gondwana, sebelum pecah terpisah untuk membentuk Amerika Selatan, Afrika, India, Australia dan Antartika.
Para peneliti, dipimpin oleh Dr Viviana Barreda dari Museum Ilmu Pengetahuan Nasional Argentina di Buenos Aires, menulis: “Sebuah saham leluhur Asteraceae mungkin telah membentuk bagian dari luas geoflora selatan Gondwana sebelum pembentukan penyebaran yang efektif dalam daratan ini.” Dalam sebuah artikel yang menyertainya, ahli botani Austria Dr Tod Stuessy, dari Universitas Wina, mengatakan fosil merupakan bukti keluarga bunga matahari pada tahap awal ‘diversifikasi nya.



Dia menambahkan: “Banyak yang masih harus belajar tentang evolusi dan biogeografi dari keluarga bunga matahari … Bahkan jika peneliti menerima asal bunga matahari di Amerika Selatan bagian selatan, masih belum jelas bagaimana keluarga ini berkembang ke seluruh planet dan menjadi begitu sangat beragam.”


http://feedproxy.google.com/
 Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top