GuidePedia

0

Apabila Anda merasa loyo setelah makan siang, sedikit tidur akan dapat membuat Anda lebih segar. Tidak hanya itu, berdasarkan sebuah penelitian ternyata tidur siang dapat membuat Anda lebih pintar.

Semakin lama Anda terjaga, maka akan semakin sulit bagi otak Anda untuk menyimpan informasi baru. Peneliti pun menemukan bahwa tidur siang tampaknya dapat me-refresh memori jangka pendek dan dan memperbesar tempat penyimpanan bagi informasi baru.

Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta 39 mahasiswa untuk mempelajari beberapa nama dan wajah di siang hari lalu mencocokkan nama dan wajah tersebut beberapa menit kemudian dan dilakukan lagi pada pukul 6 sore di hari yang sama.

Dari tes tersebut, ternyata kelompok mahasiswa yang sempat tidur siang selama 90 menit pada pukul 2 siang dapat menyelesaikan tes dengan lebih baik dibandingkan kelompok yang tidak tidur siang yang kemampuan memorinya telah menurun drastis.

Namun, apakah tidur siang ini sama efektifnya bagi semua orang?
Neil Kline, seorang board-certified sleep physician, mengatakan tampaknya tidur siang akan lebih menguntungkan bagi mereka yang memang kurang tidur di malam hari daripada mereka yang sudah memiliki jadwal tidur yang sehat.

Kline menekankan bahwa dalam penelitian tersebut obyek penelitian yang dipakai adalah mahasiswa dimana mereka memang biasanya kurang cukup tidur di malam hari. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memperlihatkan perbedaan yang cukup signifikan antara mereka yang mendapat tidur siang dengan yang tidak.

Sedangkan bagi orang dewasa yang telah memiliki jadwal tidur yang sehat, idealnya mereka tidak akan merasa terlalu membutuhkan tidur siang. Namun, apabila Anda merasa perlu memejamkan mata untuk beberapa saat maka lakukanlah! Anda tidak perlu menundanya kebutuhan Anda ini sampai malam hari. Yang perlu Anda perhatikan, janganlah Anda meletakkan waktu tidur siang ini terlalu dekat dengan tidur malam, karena kebiasaan ini justru dapat mengakibatkan insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Subscribe to wisben.com on blogger by Email

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top