GuidePedia

0
Ilmuwan di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) telah menciptakan kain yang dapat mendengar dan bersuara. Penemuan itu sebuah batu pijakan untuk bahan fiber yang dapat mendeteksi dan menghasilkan suara.

Tim ini dipimpin oleh profesor MIT Yoel Fink dan pengembangannya dijabarkan di Jurnal Nature edisi bulan Agustus, dengan mengubah tekstil alami pasif biasa menjadi dapat bernyanyi.

Menurut MIT aplikasi itu berisi mikrofon sensitif untuk merekam pidato atau mengawasi fungsi tubuh dan filamen kecil yang dapat mengukur aliran darah dalam pembuluh kapiler atau tekanan di otak.

Proyek riset selama berdekade ini bertujuan untuk mengembangkan fiber dengan properti yang lebih canggih dan memungkinkan kain dapat berinteraksi dengan lingkungan, kata MIT.

Kain masa kini itu dikatakan tidak hanya bisa mendengar, tapi juga membuat suara.

“Anda sebenarnya bisa mendengarnya fiber-fiber ini,” kata Noemie Chocat, bagian dari tim lab.

“Jika Anda menghubungkan dengan power supply dan menerapkan sebuah aliran melengkung, kemudian dapat bergetar. Dan jika Anda membuatnya bergetar pada frekuensi suara dan meletakkannya dekat dengan telinga, maka Anda dapat mendengarkan not-not yang berbeda atau suara yang keluar.”

Fiber baru berdasarkan pada plastik yang sama dengan yang digunakan di mikropon.

Peneliti memanipulasi konten halogen untuk memastikan molekulnya tetap. Ketidakseimbangan membuat plastik berubah bentuknya saat aliran listrik dilewatkan.

Sumber: Inilah.com

Subscribe to wisben.com on blogger by Email

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top