GuidePedia

0


Ada banyak cara yang dilakukan penjahat untuk bisa lepas dari hukum. Salah satunya seperti yang dilakukan Colton Harris-Moore ini. Selama beraksi,dia tak pernah mengenakan alas kaki. Tak heran dia lantas dijuluki sebagai Barefoot Bandit alias Bandit Tak Beralas Kaki.

Usianya baru 12 tahun kala Harris-Moore mulai melakukan aksi nekatnya, mencuri. Selama beraksi, dia tak sembarangan memilih barang yang hendak dijarahnya.

Remaja yang kini berusia 19 tahun itu dikenal piawai menggondol barang yang mungkin tak terpikirkan oleh pencuri lain,yaitu pesawat terbang dan speedboat. Selain itu, dia juga suka mencuri sepeda dan mobil.

Sejak 2008, remaja itu sudah jadi buronan polisi Amerika Serikat (AS). Harris-Moore diperkirakan telah 100 kali beraksi di Washington, Idah,dan Kanada.Dia dituding melakukan tiga perjalanan dengan pesawat curian meskipun tak pernah mengikuti kursus menerbangkan pesawat.

Diduga, remaja ini belajar menerbangkan pesawat kecil dengan membaca buku petunjuk dan memainkan game simulator terbang di komputer. Polisi makin aktif memburunya pada 2009 ketika ada pesawat Cessna 400 jatuh di daerah pegunungan Cascade,sebelah timur Seattle,AS.

Pesawat ini kemudian diketahui pernah dicuri di Idaho. Dari hasil penyelidikan, polisi menemukan beberapa jejak kaki di depan pintu sebuah hangar di Idaho.

Dari cerita inilah sebutan Bandit Tak Beralas Kaki muncul.Sejak cerita itu mencuat di publik,nama Harris-Moore pun jadi tenar. Dalam situs jejaring sosial Facebook, Colton berhasil meraih 68.600 penggemar.

Seorang produser asal Hollywood bahkan berniat mengabadikan kisah pemuda itu lewat sebuah film. Menurut beberapa sherif, meski membidik barang-barang besar, kadang-kadang Harris-Moore pun tak segan masuk rumah tanpa permisi untuk sekadar beredam di kamar mandi atau mencuri es krim dari lemari es. Dia mencuri apa saja yang dia butuhkan untuk menyambung hidup di hutan.

Sekali waktu, dia diduga menggunakan komputer dan kartu kredit seseorang tanpa permisi untuk membeli penyemprot beruang dan sepasang night visionsenilai USD6.500. Pada 30 Mei lalu, polisi menemukan catatan dengan tulisan tangan dan uang USD100 di sebuah klinik hewan di Raymond, Washington.

“Pakailah uang ini untuk merawat hewan-hewan, tertanda Colton Harris-Moore (alias Bandit Tak Beralas Kaki),”begitu isi catatannya.

Bulan lalu, Harris-Moore diduga terlibat pencurian mobil yang memaksa polisi melakukan pengejaran dari Idaho,South Dakota,Nebraska, Iowa sampai Illinois.Pada 4 Juli lalu polisi mendapatkan laporan kehilangan pesawat Cessna dari Bloomington,bandara Indiana.

Pesawat itu lalu ditemukan di Pulau Great Abaco, Bahama, dalam kondisi rusak. Polisi curiga jika pelaku pencurian itu adalah Harris-Moore apalagi setelah itu muncul laporan beberapa pencurian di kawasan itu. Seorang bartender mengaku melihatnya minum bir dengan mengenakan topi dan tetap tak beralas kaki.

Polisi cukup kewalahan melacak jejaknya. Gurauan yang sempat beredar di kalangan masyarakat Nassau, Bahama, Harris- Moore sulit ditangkap karena tidak pernah mengenakan alas kaki, baik sandal atau sepatu untuk menyamar jejaknya.

Namun, pelarian Harris-Moore ke Bahama justru menjadi pelarian terakhir baginya.Polisi yang sedang memburu sebuah kapal sepanjang 13 meter yang dicuri dari sebuah marina di Great Abaco menemukan bandit itu. Saat hendak ditangkap, remaja kelahiran 22 Maret 1991 itu membawa sebuah pistol.

Dia ditangkap saat tengah berada dalam sebuah kapal curian. Seperti adegan film laga,sebelumnya polisi dan sang buron saling kejar di atas permukaan air.

“Tersangka dibawa ke pengadilan tanpa insiden apa pun,” terang pejabat kepolisian setempat.

Akibat perbuatannya, kini Harris- Moore harus menghadapi ancaman hukuman 15 tahun penjara. Ibunya, Pam Koehler, kecewa dengan anaknya.Meskipun,dia tetap mengingatnya sebagai anak genius

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top