GuidePedia

0

Skuad muda Jerman menggilas Australia 4-0 pada laga penyisihan Grup D

URBAN - Brilian. Itulah kata yang paling pas menggambarkan performa skuad Jerman pada laga penyisihan Grup D melawan Australia, Senin (14/6/2010) dini hari. Pasukan muda Panser tanpa ampun menggilas juara grup kualifikasi zona Asia empat gol tanpa balas.

Australia sebenarnya tampil menawan di awal laga. Sadar akan ancaman skuad Joachim Low, armada Socceroos langsung mengambil inisiatif menyerang. Tim Cahill bahkan nyaris menjebol gawang Manuel Neuer di menit keempat setelah menyambut sepak pojok Luke Wilkshire dengan tandukan kepalanya.

Kapten Lucas Neill bereaksi cepat setelah bola mentah dari Cahill jatuh di kakinya. Namun, upaya punggawa Galatasaray juga belum membuahkan hasil. Begitu juga dengan tendangan Richard Garcia yang masih bisa ditepis Neuer.

Sayang, dominasi anak-anak asuh Pim Verbeek tidak berlangsung lama. Empat menit berselang, gawang Mark Schwarzer justru kebobolan bekat aksi spektakuler Lukas Podolski yang memanfaatkan kombinasi umpan cantik Mesut Ozil dan Thomas Muller. 1-0 Jerman memimpin.

Gol Podolski segera menjadi penyemangat Der Panzer untuk menguasai laga. Bomber Bayern Munich Miroslav Klose berpeluang menggandakan keunggulan Jerman di menit 24 setelah menerima umpan Ozil. Sayang, tendangannya masih melebar.

Namun, dua menit berselang, Klose akhirnya menuntaskan tugasnya dan membawa Jerman unggul 2-0. Berawal dari umpan silang Phillip Lahm, Klose melesat ke depan gawang Schwarzer dan sukses mengungguli kiper Fulham sebelum menceploskan gol kedua Jerman melalui header.

Ini merupakan gol ke-11 Klose di pentas Piala Dunia dan membawanya menyamai rekor Jurgen Klinsmann. Klose kini hanya terpaut empat gol dari Ronaldo (Brasil) sebagai topskor di pesta akbar sepakbola dunia.

Ozil nyaris menambah keunggulan Jerman di menit 31 setelah Schwarzer salah mengantisipasi datangnya bola. Beruntung, Neill bereaksi cepat dan menggagalkan serangan Ozil dengan membuang bola dari depan gawang yang kosong. Alhasil, kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Derita Neill dkk berlanjut di babak kedua. Bahkan, armada Socceroos terpaksa melanjutkan laga dengan 10 pemain setelah Tim Cahill mendapat kartu merah langsung akibat aksinya 'menggunting' kaki Bastian Schweinsteiger.

Unggul jumlah pemain, Tim Panser pun enggan menyia-nyiakan kesempatan. Muller, yang menjadi arsitek gol pertama Jerman, memberi keunggulan 3-0 di menit 67 setelah menerima assist dari Podolski.

Jangan kira skor 3-0 akan membuat Jerman puas. Hanya berselang tiga menit, gawang Schwarzer kembali bobol. Claudemir Jeronimo Baretto alias Cacau memastikan kemenangan Jerman usai memaksimalkan umpan Ozil.

Hasil ini sontak menempatkan Jerman di pucuk klasemen Grup D, setelah pada pertandingan sebelumnya Ghana menang tipis 1-0 atas Serbia.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top