GuidePedia

0


Orang melihat pekan baru sebagai awal yang baru. 1 Januari yang terjadi setiap 7 hari© Minerva Studio /Shutterstock

Membenci hari Senin adalah ide usang. Yang terjadi di hari Senin adalah, orang ingin menjadi lebih sehat.

Walau keluhan tentang Senin masih terdengar di sana-sini, nyatanya orang lebih fokus pada kesehatan pribadi di awal pekan. Begitu hasil riset yang dipublikasikan American Journal of Preventive Medicine.

"Orang melihat pekan baru sebagai awal yang baru. 1 Januari yang terjadi setiap 7 hari," kata periset Morgan Johnson dikutip Atlantic. Pada 1 Januari biasanya orang membuat resolusi tahun baru, banyak yang berupa praktik hidup lebih sehat.

Sama halnya dengan yang terjadi di hari Senin. Orang cenderung memilih Senin, dibandingkan hari lain, sebagai hari untuk memulai diet, olahraga, berhenti merokok, dan pergi ke dokter.

Keinginan dan kebulatan tekad saja tentu belum cukup. Kecenderungan ini tidak selalu berbanding lurus dengan mulusnya praktik.

Dikutip Womens Health, hidup lebih sehat di hari Senin adalah perjuangan. Namun buktinya banyak yang berhasil mewujudkan janji.

Orang cenderung makan lebih banyak daging di hari Sabtu dan Minggu. Karbohidrat dan alkohol terbanyak dikonsumsi Jumat dan Sabtu. Sementara kalori paling banyak dikonsumsi hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Demikian menurut penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition.

Menurut data pengguna Under Armour MyFitness Pal, orang paling banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur pada hari Senin. Ini dipicu oleh kebiasaan mengumbar konsumsi asupan sejak Senin hingga Kamis.

Jadi, walau Anda terlihat makan lebih sehat di hari Senin, praktiknya tidak mudah. Ini terlihat sepanjang pekan.

"Pada dasarnya prinsip sehat lagi di hari Senin bisa berbahaya," ujar pakar diet Jaime Mass, R.D. Menurut Mass, kebiasaan ini bisa melahirkan mentalitas semua atau tidak sama sekali. Alhasil dapat membuat Anda punya kebiasaan makan yang buruk.

Jika makan berlebihan di akhir pekan, Anda lebih merasa bersalah di hari Senin. Hari di awal pekan ini seolah jadi hukuman atas akhir pekan yang menyenangkan.

"Lama-lama timbul asosiasi akhir pekan berarti makan enak, dan hari biasa penuh larangan," Mass berujar. Akhirnya, Anda jadi sulit menikmati makanan sehat di hari Senin.

Karena itu dibutuhkan cara-cara agar Anda dapat melewati Senin tanpa perjuangan berat. Berikut saran dari Mass.

Makanlah saat Anda benar-benar ingin. Misal, bukan karena ini hari Sabtu lalu Anda pesan pizza. Apakah Anda benar-benar sedang ingin makan pizza? Jika berhasil, membuat keputusan yang lebih sehat akan jadi otomatis.

Yang kedua, santai saja. Saat rencana makan tak berjalan sesuai rencana, ingatlah bahwa hidup sehat bukan soal satu kali makan saja. Melainkan, rata-rata dari seluruh asupan yang Anda konsumsi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?