GuidePedia

0


Project modern ini dilengkapi dengan sebuah atap hidup karya OYO Architects dan jadi pusat perhatian. Dikelilingi oleh rumah2 tradisional di lingkungan kota Ghent, Belgia, rumah Pibo nampak seperi baru saja muncul dari rerumputan.

“OYO diberi kertas kosong, yg membuka kemungkinan untuk fokus ke sebuah bangunan peduli lingkungan dan ringkas dari awal,” kata sang arsitek. “Rumah ini ditentukan oleh kelanjutan dari tanah, menciptakan sebuah atap hijau terangkat.” Atap hidup itu terbikin dari sebuah lapisan karet yg ditutupi dengan tumbuhan.




Tapi halaman dramatis dari sebuah atap bukanlah titik awal. “Tidak seperti rumah bujangan di Belgia OYO memulai dengan sebuah ide yg menempatkan ruang tamu di atas ruang tidur.”

Ruang tidur ditempatkan di separo kedalaman tanah, sehingga tetep sejuk pas musim panas. Area untuk bersosialisasi dibagi menjadi dua —  sofa dan ruang santai berada tepat disamping bawah ruang makan. “Aboi bisa bilang bahwa kalau dari ruang tamu aboi cuma perlu setengah lantai ke atas menuju dapur dan ruang makan dan setengah lantai turun menuju tempat tidur,” ujar sang arsitek.











Apa yg aboi amboi pikirin dengan semua rancangan dan tata ruang dari project di Belgia ini ??

[Photos courtesy OYO Architects]


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?