GuidePedia

0


Menikmati makanan khas India lezat juga bisa dilakukan di Jakarta. Mulai dari masakan rumahan sampai hidangan vegetarian dapat dicicipi di kawasan Pasar Baru.

Saat melancong ke Malaysia atau Singapura, mungkin daerah berjulukan Little India pernah Anda kunjungi. Tak usah jauh-jauh, tempat seperti ini pun dapat ditemui di Jakarta. Contohnya Pasar Baru yang menawarkan warisan budaya dan kuliner India.

Pada Sabtu (02/03), trip organizer yang fokus pada Culinary Tourism, Jakarta Food Adventure, mengadakanCharity Walking Tour bertema "Explore Little India Passer Baroe & The Taste of India." Dalam kegiatan ini, peserta tur diajak mengunjungi mini market sampai rumah wanita keturunan India yang mempunyai katering masakan rumahan.


Mengawali perjalanan, peserta mampir ke Rumah Makan Aceh "Selera Kita". Rumah makan yang sempat berpindah karena pembenahan stasiun Juanda ini punya sederet masakan Aceh otentik. Sebut saja bebek masak kurma, kari kambing, gulai kepala ikan, sambal ganja (asam udeung) hingga pacri nanas.

Bukan tanpa alasan mampir ke sana. Sebab citarasa masakan Aceh sangat berempah dan pedas. Rempah tersebut menunjukkan adanya hubungan budaya lewat kuliner dengan sub kontinen India.


Selanjutnya perjalanan berlanjut ke Shalimar Indian Supermarket. Lokasinya tak jauh dari restoran Bakmie Gang Kelinci.

Mini market India di Pasar Baru ini sudah berdiri sekitar 40 tahun. Di dalamnya ada aneka bahan makanan India dan keperluan sehari-hari warga keturunan India. Tepung gandum, beras basmati, hingga bumbu masakan termasuk diantaranya.


Tak kalah menarik, peserta sempat mengunjungi rumah wanita pengusaha masakan dan katering menu India. Dikenal dengan panggilan Aunty Moghini, ia memasak sendiri seluruh masakan khas India yang dipelajari dari ibunya.

"Saya katering sudah 7 tahun. Tapi soal masakan (India) saya sudah tahu dari kecil," ujar Aunty Mohini yang masih kuat memasak di usia 75 tahun.


Aunty Moghini menghidangkan chapati lembut dengan 3 kuah berisi kacang-kacangan maupun kentang seperti dal dan chole. Disuguhkan pula samosa masala tea hangat beraroma rempah. Kabarnya beberapa kantor kedutaan asing kerap memesan makanan khas India pada Aunty Moghini.

Gokul Resto jadi penutup rangkaian acara. Indian Vegetarian Resto ini menyediakan makan siang untuk para peserta secara prasmanan. Pilihannya ada Vegetable Biryani, Mock Chicken Curry, Aloo Mutter, Plain Paratha dan Papaddum renyah. Sambil menikmati makanan, peserta bisa mencoba Nimbu Pani, lemon teagaya India yang segar.


Meski vegetarian, semua masakannya lezat. Mock Chicken Curry, misalnya, tidak memakai daging ayam asli. Melainkan campuran soya dan jamur untuk membentuk tekstur mirip serat ayam. 

Perjalanan ke Pasar Baru yang dijuluki "Litte India" oleh Jakarta Food Adventure berakhir dengan pengalaman baru terkait kuliner India dan Pasar Baru. Seperti yang dirasakan salah satu peserta, Yuni.

"Kegiatannya seru, walau sering lewat pasar baru tapi jadi tahu hal-hal yang biasa dilewatkan begitu saja. Misalnya tempat Aunty Moghini," ungkap wanita yang pernah bekerja di kawasan Pasar Baru itu kepada Detikfood.

Hal serupa juga diakui peserta lainnya. "Di sini nggak sekedar food tour, tapi kasih pengalaman dan pengetahuan juga tentang budaya India. Paling menarik buat saya seperti rumah makan Aceh yang modifikasi masakan pakai bumbu kari dan dagingnya kambing. Ini gambarin toleransi antara umat Hindu (India) dan Indonesia, jadi harmonis," tutur Dina yang berprofesi sebagai karyawan swasta.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?