GuidePedia

0


Berbicara soal rating film, pikiran orang pasti langsung tertuju pada IMDB. IMDB merupakan database film paling banyak dicari orang, beberapa orang biasanya melihat rating atau ulasan pada IMDB sebelum menonton filmnya. 

Tak hanya film Hollywood yang ada di dalamnya, film Indonesia pun masuk ke dalam database IMDB. 

Sudhir Syal, Co-founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia mengatakan rating film menunjukkan adanya dua tren yaitu: Pertama, 4 dari 10 besar film dengan rating terbaik merupakan film dari 2 tahun belakangan, ini menandakan bahwa kualitas produksi dilm Indonesia telah meningkat. Kedua, belum ada korelasi antara pendapatan film dengan rating, karena film-film dengan rating terbaik tidak sukses secara komersil.

Terkait dengan hal tersebut BookMyShow Indonesia memiliki daftar 10 film Indonesia dengan rating tertinggi di IMDB:

1. Alif, Lam, Mim (2015)

Rating: 8.8 /10
Film karya Anggy Umbara ini mendapatkan rating paling tinggi di IMDB untuk fim Indonesia, dengan rating 8.8 dari 10. Film aksi ini menceritkan tentang 3 sahabat dari perguruan silat, yang masing-masing terpisah karena memiliki profesi berbeda-beda. Mereka pun kembali dipertemukan setelah kejadian pengeboman pada suatu kafe. Film 3, ALif, Lam, Mim di bintangi oleh Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya, Agus Kuncoro dan diproduseri oleh Arie Untung. 

2. Malin Kundang (1971)

Rating: 8.8/10
Film yang diangkat dari kisah legenda dari Sumatra Barat ini mendapatkan rating cukup tinggi, film karya D. Djajakusuma ini ditulis oleh Asrul Sani, mereka berdua merupakan sineas film-film Indonesia yang terkenal pada tahun 70an. Film ini dibintangi oleh Fifi Young, Rd Mochtar, Hadisjam Tahax, Mansjur Sjah, Darussalam, Lahardo, Rano Karno, Putu Wijaya, Robby Sutara, Syamsuddin Syafei, M Budhrasa, Atik Pasono, Halida Hatta, Noor Aziza, Muara Surawidjaja dan Susy Dewi.

3. Soerabaja ’45 (1990)

Rating: 8.7/10
Film ini mencertikan tentang perjuangan Indonesia ketika melewan penjajah di kota Surabaya, atau terkenal dengan peristiwa 10 November di Surabaya, seperti hadirnya tokoh penyemangat Bung Tomo, perobekan bendera Belanda, tertembaknya jendral Inggris dan peristiwa lainnya. Film ini disutradarai oleh Imam Tantowi, dibintangi oleh Nyoman Swadayani, Leo Kristi dan Usman Effendy. Soerabaja ’45 pun memenangkan Sutradara Terbaik pada ajang FFI tahun 1991.

4. Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (2014)

Rating: 8.6/10
Film yang mengambil tema dari dunia olahraga ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan dibintangi oleh Chicco Jerikho, Safira Umm, Jajang C Noer, Aufa Assegaf, Abdurrahman Arif, dan Bebeto Leutualy. Film ini diangkat dari kisah nyata Sani Tawainela, mantan pemain sepak bola yang berasal dari desa Tulehu, Ambon. Sani Tawainella sempat mewakili Indonesia di Piala Pelajar Asia tahun 1996 di Brunei Darussalam. Gagal menjadi pemain profesional, Sani Tawainella memutuskan untuk mundur dari dunia sepak bola dan kembali ke kampung halamannya dan menjadi seorang tukang ojek.

5. Mat Peci (1978)

Rating: 8.6/10
Film drama komedi ini mendapatkan rating 8.6 dari 10, Mat Peci menceritakan tentang seorang penjahat berdarah dingin yang memiliki rencana jahat, dalam melakukan kejahatannya ternyata ia menderita masalah harus berpisah dengan kekasihnya. Film ini disutradarai oleh Willy Willianto dan dibintangi oleh Rachmat Hidayat, Tuty S, Eddy M, Sapri, Kelly Jones dan Doris Callebaute yang terkenal dengan perannya sebagai Inem Pelayan Seksi.

Rating: 8.6/10
Jaka Swara merupakan film arahan Liliek Sudjio ini dibintangi oleh raja dangdut Rhoma Irama, serta Camelia Malik, Gino Makasutji. Film aksi musikal ini mendapatkan rating 8.6 dari 10 pada IMDB. Rhoma tampil berbeda dalam film ini karena merupakan film laga, namun 5 lagunya hadir dalam beberapa adegan percintaan.

7. 12 Menit (2014)

Rating: 8,5/10
Film 12 Menit merupakan karya dari Hanny R Saputra, dibintangi oleh Titi Rajobintang, Amanda Sutanto, Hudri, Arum Sekarwangi serta Marching Band Bontang Pupuk Kaltim. Film yang menceritakan 3 remaja dari latar belakang berbeda, mereka berusaha meraih mimpi mereka memenangkan kompetisi tingkat nasional Marching Band walau harus mengatasi rumitnya masalah kehidupannya masing-masing. Film ini diangkat dari novel karya Djaumil “Oka” Aurora dengan judulnya yang sama.

8. Battle of Surabaya (2015)

Rating: 8.4/10
Battle of Surabaya merupakan hasil karya anak bangsa, film ini disutradarai, ditulis serta diproduseri oleh Aryanto Yuniawan. Dalam penulisan ia dibantu oleh M Suyanto, dan Hery Soelistio, Adi Djayusman sebagai co-produser. Film Animasi ini berlatarbelakang peristiwa 10 November 1945 di kota Surabaya. Sementara pengisi suara disi oleh Reza Rahadian, Maudy Ayunda dan Ian Saybani.

9. Titian Serambut Dibelah Tujuh (1982)

Rating: 8.4/10
Film yang dibuat kembali oleh Chaerul Usman pada 1982 ini mendapatkan rating 8.4 di IMDB, dimana film sebelumnya dibuat oleh Asrul Sani pada 1959. Film ini menceritakan tentang seorang guru muda yang teguh, dan menemukan kejanggalan-kejanggalan dalam kehidupan kampung yang akan dia tinggali. Film ini dibintangi oleh El Manik, Darussalam, Rachmat Hidayat, Sukarno M Noor, Soultan Saladin, Dewi Irawan dan Yustine Rais

10. Gita Cinta Dari SMA (1979)

Rating 8.4/10
Film yang menceritakan kisah cinta anak SMA, Galih dan Ratna ini mendapatkan rating 8.4 dari 10 di IMDB, film yang dibintangi oleh Rano Karno, Yessy Gusman, Shirley Malinton, Arie Kusmiran, Junaedy Salat ini disutradarai oleh Arizal dan ditulis oleh Eddy D Iskandar. Film ini pun sempat booming pada era 70an. 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?