GuidePedia

0

Setiap kejuaraan duni badminton atau bulutangkis digelar, gelora semangat para punggawa atlet badminton Indonesia ikut membara. Semangat untuk bisa membawa pulang medali emas dan gelar sebagai juara dunia. Mulai dari tahun 1977 hingga 2015 kemarin, prestasi Indonesia di ajang kejuaraan dunia badminton atau BWF cukup membanggakan.

Selama itu pula deretan atlet badminton asal Indonesia bermunculan menduduki podium sebagai pemenang medali emas. Seperti halnya beberapa wanita tangguh berikut ini. Mereka pernah berprestasi dan membuat Indonesia disegani oleh negra-negara lainnya. Ingin tahu siapa saja mereka? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Susi Susanti


Dunia Badminton Indonesia pasti akrab dengan nama Susi Susanti. Namanya begitu melegenda sebagai atlet wanita asal Indonesia yang mempunyai banyak prestasi di berbagai kejuaraan badmintoon dunia. Mulai dari BWF hingga olimpiade.


Tahun 1993 menjadi tahun yang takkan pernah dilupakan oleh pemilik nama lengkap Lucia Francisca Susi Susanti itu. Karena pada tahun itu, gelaran BWF diadakan. Susi yang berkesempatan membela Indonesia di cabang tunggal putri berhasil menjadi juara. Prestasi serupa juga ia raih setahun sebelumnya saat membawa pulang medali emas di olimpiade Barcelona 1992.


2. liliyana Natsir

Liliyana Natsir adalah atlet Badminton Indonesia asal Manado yang sejak kecil sudah menaruh minta dengan olahraga badminton. Setelah diterima di sebuah klup badminton di Jakarta, Liliyana terus belajar dan mengembangkan diri. Usahanya itu tidak sia-sia.



Liliyana Natsir (kiri) [via instagram]Saat ini Liliyana menjadi salah satu atlet wanita Indonesia yang pernah menjadi jura dunia. Ia mendapatkan gelar tersebut saat bermain di cabang Ganda Campuran bersama Nova Widianto. Lili dan Nova berhasil membawa pulang medali emas saat berlaga di BWF 2015 yang diadakan di di Anaheim, California tenggara, Amerika Serikat.


3. Imelda Wigoena

Imelda Wiguna saat ini sudah berumur 64 tahun. Dan tentu saja di umurnya yang segitu, Imelda sudah tak cukup kuat memegang raket dan memukul Shutlecock. Tapi sewaktu masih muda, ia begitu tangguh melayangkan smash-smash mematikan saat berlaga membela Indonesia di berbagai kejuaraan badminton dunia.



Prestasi paling membanggakan yang pernah ia torehkan sewaktu masih menjadi atlet badminton adalah gelar juara dunia. Gelar itu ia dapatkan ketika berhasil memenangkan kejuaraan BWF tahun 1980 di cabang Ganda Campuran bersama Christian Hadinata.


4. Verawaty Fajrin

Era 80an hingga 90an banyak prestasi dicetak oleh para atlet Indonesia. Di tahun yang sama saat Imelda dan Christian Hadinata meraih gelar juara dunia, atlet indonesia lain juga merebut gelar serupa. Dia adalah Verawaty Fajrin.



Verawaty Fajrin [image source]Wanita yang saat ini berumur 58 tahun tersebut membawa pulang medali emasi di BWF 1980. Selain di BWF ia juga banyak berprestasi di kejuaraan dunia lain seperti All England dan SEA Games.

Itulah beberapa wanita Indonesia yang berhasil menyabet gelar juara dunia. Membanggakan sekali bukan?



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?