GuidePedia

0



Niatan Apple untuk memudahkan para pelanggan iPhone agar senantiasa terhubung dengan internet lewat fitur WiFi Assist kembali menemui masalah. Jika Anda ingat, pada awal perilisannya beberapa bulan yang lalu sejumlah pelanggan telah mengeluh bahwa fitur yang aktif secara default lewat update iOS 9 tersebut telah membuat tagihan seluler mereka membengkak, dan akhirnya mengajukan tuntutan hukum kepada Apple yang lalai memperingatkan para penggunanya akan potensi masalah yang muncul dari pemakaian fitur ini.

Masalah ini kembali muncul baru-baru ini; seorang remaja asal San Fransisco terkejut setelah mendapati bahwa tagihan seluler untuk sebulan terakhir telah membengkak melampaui $2000 atau hampir mendekati dengan Rp 24 juta dengan kurs saat ini. Remaja tersebut sempat mendapatkan SMS bahwa paket data bulanannya sudah hampir habis dan tak menggubrisnya sama sekali, namun dirinya tak pernah menduga kalau jumlah over-kuota yang dialaminya bisa sebanyak itu.

Ayah dari remaja tersebut mengatakan bahwa tagihan bulanan untuk putranya biasanya adalah sebesar $250, dan lonjakan sebanyak 8x lipat ini jelas mengagetkan. Setelah ditelusuri, hal tersebut terjadi lantaran posisi kamar tempat tinggal remaja tadi cuma bisa mendapatkan sinyal WiFi yang lemah. Mengingat update iOS 9 langsung mengaktifkan fitur WiFi Assist, maka si remaja tadi sama sekali tak sadar kalau dirinya lebih sering terhubung dengan internet lewat paket data seluler ketimbang jaringan WiFi, dan akhirnya mengkonsumsi data melebihi kuota sebesar 144GB dalam sebulan...

Kisah ini menegaskan bahwa Apple tampaknya perlu lebih aktif dalam memperingatkan penggunanya atas potensi masalah yang bisa hadir dari pemakaian WiFi Assist. Opsi lain, Apple bisa memposisikan fitur WiFi Assist dalam posisi 'Off' ketika mereka merilis update iOS yang akan datang. Jika Anda baru saja mengunduh update iOS 9 dan tak ingin mengalami kejadian serupa, langsung saja buka aplikasi Settings > pilih opsi Cellular > lalu scroll ke bawah sampai menemukan tulisan WiFi Assist dan tap toggle tersebut ke posisi 'Off' untuk menonaktifkannya.




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?