GuidePedia

0

Di ulang tahunnya yang ke-70 kemarin Indonesia mendapatkan kado manis dari para selebriti berikut ini yang telah mengharumkan nama bangsa melalui dunia hiburan baik di kancah internasional maupun Asia. Dengan totalitas dalam berseni peran, mereka membuktikan melalui tokoh yang mereka bawakan.

Lantas siapa saja sih selebriti tersebut? Let’s check it out

1. Iko Uwais

Yang pertama ada Iko Uwais. Seperti yang diketahui, bakat mantan kekasih Jane Shalimar itu mulai dilirik usai akting apiknya di film THE RAID. Awal mula aktor bernama lahir Uwais Qorny tersebut merupakan atlet silat asli Betawi. Ilmu silat sendiri telah ditanamkan pada diri Iko sejak dini. Sampai akhirnya bakat bela diri Iko mulai dilirik oleh salah satu sutradara film ternama, Gareth Evans. Tak butuh waktu lama, Iko pun segera didapuk oleh Gareth untuk menandatangani kontrak kerja selama 5 tahun ke depan.


Iko Uwais (c) Instagram

Film perdana yang dibintangi Iko sendiri adalah MERANTAU, di mana Iko menjadi tokoh utamanya. Selanjutnya, kerja sama antara Gareth dan Iko kemudian berlanjut dengan meluncurkan film THE RAID yang sukses melambungkan nama Iko usai resmi diputar di luar negeri. Pasalnya THE RAID sendiri merupakan film bela diri terapik setelah sekian lama meredup. Setelahnya, Iko kembali berlaga dalam filmnya yang bertajuk MAN OF TAICHI. Dan dalam waktu dekat ini kita akan bisa menyaksikan aksi Iko di film internasional lainnya yakni BEYOND SKYLINE, STAR WARS dan MILES 22.

2. Joe Taslim

Selajutnya ada aktor ganteng kelahiran Palembang 34 tahun yang lalu, Johannes Taslim alias Joe Taslim. Pemeran tokoh Jaka pada film THE RAID bersama Iko Uwais dan kawan-kawan itu merupakan atlet pencak silat sama seperti Iko. Joe kecil sudah diajarkan berbagai kemampuan bela diri di antaranya judo, taekwondo, wushu dan pencak silat. Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya Joe pun memantapkan pilihannya untuk menekuni Judo hingga menjadi atlet profesional. Berbagai medali telah disabet Joe melalui keahliannya dalam ber-judo.


Joe Taslim (c) Instagram

Terhitung sedikitnya beberapa medali emas dari kejuaraan tingkat nasional, satu medali emas tingkat Asia Tenggara tahun 1999 serta satu medali perak di SEA Games di tahun 2007 silam. Joe sendiri telah bergabung sebagai atlet judo nasional terhitung sejak 1997-2009. Nahas, setelah sempat mengalami cedera ia pun memutuskan untuk vakum. Usai menggeluti profesi sebagai atlet, Joe memanfaatkan bela dirinya untuk casting film sampai akhirnya mendapatkan peran Sersan Jaka (THE RAID), Joko (DEAD MINE) serta Jah (Fast & Furious 6). Dan sebentar lagi Joe akan kembali tampil di film lainnya yakni STAR TREK BEYOND.

3. Yayan Ruhian

Yayan Ruhian merupakan aktor berdarah Sunda. Pria berambut gondrong itu memulai debutnya sebagai guru pencak silat dan bela diri. Selain itu Yayan juga terkenal sebagai pelatih pencak silat di Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) Indonesia. Keahlian Yayan ini kemudian ikut dilirik oleh sutradara Gareth Evans, sama seperti Iko Uwais. Tak lagi ragu, Gareth akhirnya mendapuk Yayan sebagai salah satu tokoh pemeran dalam film sekuelnya, THE RAID. Sebelum THE RAID, Yayan juga dipasangkan dengan Iko di film MERANTAU sebagai Erik.



Yayan Ruhian [ImageSource]Di THE RAID, Yayan memerankan tokoh jahat alias antagonis yakni Mad Dog yang dikolaborasikan dengan aktor hebat lainnya, Donny Alamsyah. Dalam sinopsis menyatakan bahwa Yayan dan Donny merupakan musuh dari Iko dan kawan-kawan. Pasca bergabung dengan THE RAID, bakat Yayan pun juga ikut dilirik oleh sutradara luar negeri. Kini terhitung sedikitnya ada 3 film internasional bergenre misi dan laga yang telah dibintanginya, seperti THE RAID 2 sebagai Prakoso, YAKUZA APOCALYPSE sebagai Kyoken alias Mad Dog, BEYOND SKYLINE sebagai The Chief dan terakhir STAR WARS Episode VII: The Force Awakens.

4. Christine Hakim

Berikutnya ada aktris kawakan Christine Hakim. Wanita kelahiran Kuala Tungkal, Jambi itu merupakan aktris senior era 70-an. Sejauh ini Christine telah membintangi sedikitnya 38 judul film dari tahun 70-an hingga 2015 sekarang. Bintang film PENDEKAR TONGKAT EMAS itu sendiri memiliki nama lahir Herlina Christine Natalia Hakim. Christine kecil sering mempertanyakan jati dirinya karena memiliki keturunan campuran antara Jawa, Minangkabau, Aceh, banten dan Lebanon.



Christine Hakim [ImageSource]

Dalam sederetan karya seninya, Christine selalu dinaungi oleh sutradara ternama. Di samping itu, akting apik Christine memang telah teruji sejak dini, maka tak ayal jika kini aktris berzodiak Capricorn itu banyak menyabet piala Citra dan berbagai penghargaan lainnya sebagai bentuk apresiasi perfilman di Indonesia. Pun dengan kiprah perfilman internasionalnya sendiri, di mana Christine pernah beradu akting dengan aktris kelas dunia yakni Julia Roberts yang proses pembuatannya berlangsung di Bali, yakni EAT PRAY LOVE.

5. Cinta Laura

Aktris berdarah campuran antara Indonesia dan Jerman, Cinta Laura Kiehl merupakan salah satu aktris tanah air yang sukses melambungkan namanya di kancah hiburan internasional. Mulanya Cinta kecil sering berpindah-pindah karena mengikuti pekerjaan ayahnya sebagai Manajer Umum Hotel Grand Hyatt. Nama Cinta sendiri mulai dikenal usai membintangi sinetron Cinderella (Apakah Cinta Hanyalah Mimpi?) yang ditayangkan di SCTV. Tak lama berselang, Cinta pun mendapatkan penghargaan sebagai ‘Artis Ngetop’ di tahun 2007.


Cinta Laura (c) Instagram

Tak hanya itu, Cinta pun langsung mendapatkan job syuting sinetron keduanya yakni Upik Abu dan Laura. Tak puas berakting Cinta juga mengepakkan sayapnya ke dunia tarik suara. Tercatat sedikitnya ada beberapa judul lagu telah dirilis Cinta Laura seperti “You Say Aku”, “Oh Baby”, “We Can Do It”, “Cinta Atau Uang”, “Shoot Me”, “Guardian Angel” dan masih banyak lagi. Setelah dirasa cukup mendalami karir di tanah air, Cinta memutuskan untuk menekuni pendidikannya dengan bersekolah di New York sana. Sampai akhirnya ia didapuk sebagai salah satu tokoh film internasional perdananya yang bertajuk THE PHILOSOPHER bersama Bonnie Wright.

6. Hadi Subiyanto

Sebelumnya nama Hadi Subiyanto sangatlah awam bagi kita. Bahkan hingga kini, mungkin nama pria sepuh itu tak ada yang mengetahui. Ya, ialah Hadi Subiyanto pemeran tokoh dukun dalam film EAT PRAY LOVE karangan Elizabeth Gilbert. Hadi sendiri merupakan seorang pemimpin grup musik tradisional asal Madura, Gema Palapa. Terpilihnya Hadi menjadi tokoh di film itu berawal dari dirinya yang sedang pentas dengan anak didiknya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta. Usai melihat sosok Hadi, salah satu kru film EAT PRAY LOVE yang menyaksikannya kontan langsung mengulik profil Hadi melalui pegawai hotel.



Hadi Subiyanto [ImageSource]

“Mereka bertanya pada orang hotelnya. Eh, lelaki yang giginya ompong itu bisa Bahasa Inggris nggak?” ujar Hadi terkikik ketika menirukan jawaban orang hotel itu. Dalam film itu, Hadi memerankan tokoh Ketut Liyer yang notabenenya seorang dukun berusia lebih dari 100 tahun. Ironisnya Hadi sendiri tak mengetahui berapa umurnya sendiri sampai sekarang. Hanya satu yang ia tahu bahwa kini ia berusia 68 tahun, itupun dari kata orang tuanya. Berakting sendiri tak pernah terpikirkan atau dimimpikan pria sepuh ini. Kendati demikian Hadi sangat berhati-hati dalam setiap dialognya. Tak jarang Hadi sempat mendapatkan pujian karena aktingnya yang alami.

“Itu ndak ada di skrip, saya spontan aja,” beber Hadi ketika mengingat adegan dirinya yang menepuk pipi Julia Roberts tanpa sengaja. Bahkan Hadi pun pernah menghentikan proses syuting karena Julia salah mengucapkan dialognya. Huahahaha :D.

7. Ray Sahetapy

Ferene Raymond Sahetapy atau yang akrab disapa Ray Sahetapy merupakan aktor kawakan sejak tahun 70-an. Di samping menjadi aktor, lelaki yang menikah sebanyak dua kali tersebut juga merupakan pengurus PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia). Ray kecil sangat mencita-citakan untuk bisa berpartisipasi di dunia seni peran. Guna mewujudkan impiannya itu Ray pun mengenyam pendidikan di Institut Kesenian Jakarta tahun 1977.


Ray Sahetapy [ImageSource]

Dalam perjalanan karirnya Ray telah membintangi sedikitnya 71 judul film belum lagi ditambah dengan judul sinetron lainnya. Bakat Ray yang demikian membuat dirinya diperebutkan oleh banyak pihak. Lagi lagi, melalui THE RAID para aktor kebanggan Indonesia ini sukses merambah kancah perfilman internasional. Ya, belum lama ini Ray kabarnya telah didapuk menjadi salah satu tokoh dalam film sekuel Captain Amerika: Civil War yang diperkirakan akan tayang pada 2016 mendatang.

8. Solena Chaniago

Solena Chaniago sejatinya merupakan seorang lelaki yang mengubah kodratnya menjadi wanita, alias transgender. Selain itu, profesi asli Solena merupakan seorang penata rambut artis. Sejauh ini Solena pernah menjadi hairstylish di Paul Labrecque, New York. Ia juga pernah mengutak-atik kepala Bill Clinton (Presiden Amerika Serikat ke-42) dan Scooter Braun (manajer Justin Bieber). Kendati demikian, rupanya Solena berhasil menorehkan namanya menjadi seorang trangender Asia pertama yang mampu menembus dunia perfilman Hollywood lho. Meski hanya berakting dalam durasi yang singkat, namun akting Solena dikenal apik dan memuaskan.


Solena Chaniago (c) Instagram

Solena sendiri pernah bermain dalam film The Brooklyn Finest bersama Richard Gere pada 2010 silam. Selain itu, wanita kelahiran Padang Sumatera Barat ini juga pernah berlaga di beberapa film pendek di benua Eropa yakni Jerman dan Spanyol. Usai film perdananya bersama Richard Gere, Solena kembali menekuni perfilman Hollywood bersama ibunda Suri Cruise, Katie Holmes dalam film bertajuk THE EXTRA MAN.

9. Ario Bayu

Berikut ini ada pemeran tokoh Soekarno, Ario Bayu Wicaksono alias Ario Bayu. Lelaki berdarah Jawa asli yang lama bermukim di New Zealand itu merupakan aktor tanah air yang memulai debutnya sebagai tokoh polisi yang memiliki kehidupan homoseksual dalam film KALA. Setelahnya Ario mendapatkan peran keduanya dalam film LASKAR PELANGI sebagai Lintang. Awal kenalnya Ario pada dunia seni peran adalah ketika ia bertemu dengan Sekar Ayu Asmara. Waktu itu Sekar mengajak Ario bergabung dalam film pendeknya yang bertajuk BELAHAN JIWA.


Ario Bayu (c) Instagram

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu bakat Ario pun mulai berkembang. Sejauh ini terhitung sedikitnya ada 16 judul film telah ia bintangi, dilengkapi dengan 2 penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung dan Pemeran Utama Pria Teraik Indonesian Movie Awards yang ia sama-sama ia dapatkan pada tahun 2014 kemarin. Dan baru-baru ini Ario mulai mengepakkan sayapnya ke dunia internasional dengan ikut bergabung dalam film JAVA HEAT bersama Kella Lutz, salah satu bintang film TWILIGHT.

10. Kimberly Rider dan Ajun Perwira

Anak Agung Bagus Perwira Karang atau yang biasa disapa Ajun Perwira menempati deretan nama seleb yang sukses membanggakan nama Indonesia selanjutnya. Tak sendiri, Ajun juga ditemani oleh lawan mainnya Kimberly Alvionnella Ryder alias Kimberly Ryder. Kedua aktor dan aktris muda itu mengawali debut di dunia hiburannya melalui jalur yang berbeda. Ajun sendiri mengawali debutnya dengan bermusik dan seni peran sekaligus. Sedangkan Kimberly memulai debutnya dengan memerankan tokoh jahat sebagai Eva di sinetron Cahaya.



Kimberly Rider dan Ajun Perwira [ImageSource]

Sejauh ini baik Ajun dan juga Kim-sapaan akrab Kimberly- sama-sama telah melanglang buana melalui banyak judul karya hiburan. Dan belum lama ini kabarnya kedua aktor dan aktris rupawan itu telah didapuk sebagai pemeran dalam film horor besutan antara dua negara yakni Indonesia-Malaysia yang berjudul KASTIL TUA.

11. Pemeran Film YASMINE

Film YASMINE merupakan film yang menceritakan kisah cinta seorang gadis pesilat. Film YASMINE sendiri mendapuk banyak aktor dan aktris senior maupun junior tanah air demi kelancarannya seperti Reza Rahadian, Arifin Putra, Liyana Yus, Mentari De Marelle dan masih banyak lagi. Film YASMINE sendiri digarap oleh sutradara dan kru dari berbagai belahan dunia mulai dari Brunei Darussalam, Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Australia, dan Polandia.



Pemeran Film YASMINE [ImageSource]

Film ini terasa pas mengingat sutradara, kru dan pemainnya berasal dari negara yang berbeda. Usai dirilisnya film ini, para bintang muda seperti Mentari de Marelle kembali mengepakkan sayapnya lebih jauh. Seperti diketahui, aktris muda bernama lahir Mentari Rahmadina De Marelle itu kembali beradu akting dengan Verrel Bramasta dan Al Ghazali di film LDR yang berlokasi di Italia.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?