GuidePedia

0

Kota Khiva di Uzbekistan mungkin tidak populer di kalangan turis. Namun faktanya, Kota Khiva merupakan salah satu rute perdagangan jalur sutra sekaligus menjadi tempat lahirnya cabang matematika aljabar.

Dilansir detikTravel dari BBC, Selasa (18/8/2015) sejumlah daerah di Asia Tengah merupakan pusat peradaban dunia sekitar ratusan tahun lalu. Kota Khiva yang berada di Uzbekistan pun bukan merupakan pengecualian. Tidak sedikit tokoh yang lahir dan belajar di Khiva kala itu.

Di antara sekian nama tokoh besar, adalah Abu Abdalah Muhammad ibn Musa Al-Khwarizm, seorang pelajar Persia yang lahir sekitar tahun 780. Salah satu karyanya yang berjudul Hisab al-jabr w'al-muqabala menjadi asal dari terciptanya aljabar, salah satu cabang dari ilmu matematika yang dikenal luas.

Atas jasanya dalam dunia pendidikan, Abu Abdalah dibuatkan sebuah patung yang dapat traveler temui di depan West Gate kota Khiva di Uzbekistan. Namun selain sosok patung Abu Abdalah, Kota Khiva juga menyimpan banyak hal menarik.

Traveler yang datang ke Kota Khiva mungkin akan dibuat kagum dengan banyaknya bangunan bersejarah di Khiva yang seakan tidak dimakan oleh waktu. UNESCO bahkan telah menetapkan Khiva sebagai salah satu situs warisan dunia.

Berada di tengah gurun pasir, membuat Khiva seakan abadi dari terpaan perubahan yang terus berjalan di dunia luar. Di dalam Kota Khiva terdapat area bersejarah yang dikenal dengan nama Itchan Kala. Di sekelilingnya dibangun tembok tinggi yang terbuat dari tanah merah.

Di dalamnya traveker dapat melihat istana, masjid, hingga mausoleum, yang menampilkan keindahan arsitektur Islam yang dibangun pada masa jalur sutra dulu. Sedangkan di bagian luar, traveler dapat melihat berbagai pasar tradisional yang sangat eksotis.

Selain berkeliling mengagumi keindahan Kota Khiva, jangan lewatkan juga suguhan teh dan roti yang menjadi salah satu jamuan khas Uzbekistan. Tidak jauh berbeda dengan orang Inggris, orang Uzbekistan juga suka makan teh sambil minum roti.

Untuk Anda traveler pecinta sejarah dan kebudayaan Asia Tengah, mungkin bisa menjadikan Kota Khiva di Uzbekistan sebagai salah satu destinasi wisata berikutnya. 

---- 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?