GuidePedia

0
Manoa Mosque, satu-satunya masjid di Hawaii 

Honolulu - Siapa bilang di Hawaii tidak ada masjid? Inilah Manoa Mosque, satu-satunya masjid yang ada di sana dan jadi pusat ibadah serta kegiatan umat Muslim setempat. Yuk, kita lihat lebih dekat!

Hawaii di Samudera Pasifik dan masih masuk dalam kawasan negara AS, merupakan tempat liburan miliyarder dan selebriti dunia. Pulau-pulau kecil dengan pasir putih dan pemandangan laut biru jernih, membuat Hawaii sebagai 'surga dunia'.


Di balik pamornya sebagai destinasi ternama, yang jarang orang tahu (mungkin juga Anda) adalah mengenai kehidupan umat Muslim di sana. Dari berbagai informasi yang dikumpulkan Aing, Senin (30/6/2015) ternyata Islam telah masuk dan berkembang di Hawaii sejak tahun 1968!

Umat Muslim yang ada di Hawaii awalnya adalah para pendatang dari Asia Timur hingga Afrika. Sejarahnya, umat Muslim di sana pertama kali membentuk Muslim Association of Hawaii sebagai wadah perkumpulan mereka.

Kemudian di tahun 1980, untuk pertama kalinya mereka membangun sebuah masjid bernama Manoa Mosque. Lokasinya di kawasan Manoa yang berupa lembah dan berjarak sekitar 4 km sebelah timur dari Kota Honolulu. Masjid inilah yang hingga kini merupakan semua pusat tempat ibadah, kajian dan event-event Islam yang ada di Hawaii.

Tapi jangan heran, bentuk masjidnya hanya berupa rumah saja tanpa kubah dan menara. Usut punya usut, ternyata rumah itu dulunya milik orang kaya yang dibeli atas nama Muslim Association of Hawaii. Rumahnya mewah, bagian dalamnya luas dan begitu pula pekarangannya.

Selain untuk ibadah salat lima waktu, pengajian Al Quran digelar rutin tiap empat hari dalam sepekan. Masing-masing, dua hari khusus untuk jamaah Muslim dan dua hari lainnya untuk jamaah wanita. Bahkan, pengajiannya juga terbuka bagi mereka yang bukan Muslim.

Umat Muslim yang salat di dalam masjidnya (soc.hawaii.edu/Paul Kobe)

Masjid yang nyaman dan bersih (yelp/Sariyudha W)

Umat Muslim yang sedang mengambil wudhu (soc.hawaii.edu/Paul Kobe)



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?