GuidePedia

0


Tirana - Perang meninggalkan kisah kelam. Negara mungil Albania di Eropa punya pulau cantik bernama Sazan. Di pulau itu tersimpan puluhan bungker peninggalan Perang Dunia II. Daripada terbengkalai, akhirnya dijadikan objek wisata.


Pulau Sazan ini rencananya akan dibuka sebagai destinasi wisata baru di Albania. Beberapa media internasional seperti News.com dan Telegraph pun sempat memberitakannya beberapa waktu lalu. Ditelusuri detikTravel Senin, (8/6/2015) pulau cantik ini ternyata dulunya adalah pangkalan militer milik Albania.

Pulau Sazan memang memiliki sejarah panjang berkaitan dengan Perang Dunia. Pada tahun 1930, Italia menempatkan pasukannya di Pulau Sazan untuk berjaga saat perang. Selama 1950-1960, Pulau Sazan juga masih digunakan untuk memonitor pergerakan kapal perang Amerika Serikat.

Di pulau ini, traveler juga masih bisa menjumpai bangunan villa yang dahulu ditinggali oleh Menteri Pertahanan dari Partai Komunis Albania bernama Beqir Balluku. Dia dieksekusi oleh Diktator Enver Hoxka di tahun 1974 dengan alasan sebagai pengkhianat negara.

Belum lagi puluhan terowongan bawah tanah dan bunker yang diciptakan sebagai antisipasi untuk perang nuklir. Ada juga barak-barak militer yang terbengkalai. Tapi itu dulu, sekarang terowongan bawah tanah itu difungsikan sebagai tempat penyimpanan wine kualitas terbaik di Albania.

Badan pariwisata Albania berharap Pulau Sazan bisa jadi tujuan wisata baru yang mengundang banyak turis untuk datang ke sana. Selama ini Albania dikenal sebagai negara miskin di Eropa. Mereka berharap dengan dibukanya Pulau Sazan untuk wisatawan, akan diikuti dengan naiknya devisa dari dunia pariwisata.

Lokasi Pulau Sazan ada di sebelah barat daya Albania, menghadap ke laut Adriatik. Perjalanan menuju pulau cantik tapi terbengkalai ini dapat ditempuh selama setengah jam dengan menggunakan speedboat dari pelabuhan Kota Vlora, yang berjarak sekitar 140 Km dari Tirana, Ibukota Albania.

Traveler yang ingin ke sana harap bersabar, karena pihak otoritas pariwisata Albania sedang melengkapi fasilitas yang ada di pulau itu. Tujuannya tentu untuk memberi kenyamanan lebih bagi turis. Fasilitas itu antara lain listrik, air bersih serta akomodasi berupa hotel yang nyaman.

Maklum saja, pulau cantik di laut Adriatik itu sudah terlalu lama diabaikan. Diharapkan pada bulan Juni ini, Pulau Sazan sudah bisa dibuka dan dikunjungi oleh para turis. Tertarik berkunjung ke sana traveler? 



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?