GuidePedia

0

Menikah hampir menjadi impian tiap pasangan yang sudah mulai serius menapaki hubungan. Demi mewujudkan pernikahan impian banyak pasangan kekasih yang sudah mulai menabung dari jauh-jauh hari demi pesta pernikahan yang diinginkan.

Selain menyisihkan uang demi menggembungkan tabungan, sebenarnya ada juga beberapa ragam cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk menghemat pengeluaran. Kali ini Hipwee akan memberikan 7 cara rasional yang bisa diterapkan, jika kamu dan pacar punya rencana untuk menikah tahun depan. Apa saja yang bisa kalian lakukan?

1. Pisahkan alokasi dari hasil tabungan gaji kalian. Hasil menyisihkan gajimu untuk membayar DP gedung sedangkan gaji pasangan untuk souvenir serta undangan.

pisahkan uang gaji kalian
pisahkan uang gaji kalian via alohaintan.blogspot.com

Kamu dan pasangan bisa memisahkan gaji kalian dan mengalokasikan untuk tujuan yang berbeda. Bukan bermaksud untuk membedakan serta menghitung untung dan rugi. Namun cara ini bisa membuatmu dan pasangan makin mengetahui secara rinci pemasukan dan pengeluaran yang akan kalian alami.

Simulasi tabungan beserta rinciannya
Tabungan dari gajimu selama 1 tahun, Rp 500.000 x 12 = Rp 6.000.000 (Untuk membayar DP gedung)
Tabungan dari gaji pasangan selama 1 tahun, Rp 500.000 x 12 = Rp 6.000.000 (Untuk membayar undangan dan souvenir)

2. Ubah kebiasaan kencan mewah jadi kencan sederhana. Dana untuk berkencan bisa kalian gunakan sebagai modal foto prewedding

ganti kencan mewah dengan kencan sederhana
ganti kencan mewah dengan kencan sederhana via www.wedmegood.com

Kencan tentunya sudah menjadi kegiatan kalian tiap minggunya. Entah makan di resto mewah atau menghabiskan sabtu malam dengan nonton film box office. Untuk sementara ini kalian harus mengencangkan ikat pinggang. Kurangi dulu kebiasaanmu dan pasangan untuk kencan mewah tiap akhir pekan. Kalian bisa menggantinya dengan kegiatan sederhana yang tak kalah menyenangkan.

Misalnya saja, daripada makan di restoran mewah, lebih baik kalian memasak bersama dan menghabiskan waktu di rumah. Tak harus selalu update film di bioskop, kalian bisa mengadakan movie marathon dengan menyewa film yang tak kalah serunya.

Anggaran kencan selama satu tahun Rp 300.000 x 12 = Rp 3.600.000 (untuk jasa foto prewedding)

3. Buat komitmen untuk menyisihkan 100 ribu tiap minggu ke dalam celengan. Selama satu tahun uang yang terkumpul akan cukup untuk membeli gaun pernikahan

baju pengantin
baju pengantin via www.desainbajumuslim.com

Tak hanya anggaran kecan yang harus dipangkas, kalian juga bisa menabung bersama di dalam toples. Masukkan saja Rp 50.000 ke dalam toples tiap akhir pekannya. Dana yang terkumpul selama satu tahun dari iuran berdua ini cukup untuk membeli baju pernikahan kalian. Tak perlu mewah, baju sederhana dengan harga terjangkau cukup melengkapi hari bahagia kalian berdua.

simulasinya :
Dalam sebulan, Rp 50.000 x 2 orang x 4 = Rp 400.000
Dalam satu tahun, Rp 400.000 x 12 = Rp 4.800.000


4. Cicil membeli seserahan dalam jangka waktu per bulan. Dalam satu bulan kamu dan pasangan cukup membeli satu macam barang. Hal ini akan membuat beban kalian terasa lebih ringan.

cicil membeli seserahan
cicil membeli seserahan via www.sentrabunga.com

Selain menyisihkan uang tiap bulannya, kamu dan pasangan juga bisa mulai mencicil barang yang akan digunakan sebagai hantaran pernikahan. Supaya terlihat lebih ringan, kalian tak harus langsung membeli semua hantaran sekaligus. Kamu dan pasangan bisa mencicil dengan membeli 1 macam barang tiap 1 bulan. Misalnya bulan ini kamu dan pasangan membeli sepatu, maka bulan depannya membeli baju, kemudian bulan depannya lagi membeli perhiasan, dan seterusnya. Apabila cara ini kalian lakoni, tentunya kamu dan pasangan tidak akan merasa terlalu terbebani.

5. Gunakan sistem uang saku harian maupun mingguan. Selain pengeluaran jadi lebih terukur, kamu dan pasangan juga belajar bekerjasam mengendalikan uang

uang saku
uang saku via www.jasasuretybond.com

Kamu dan pasangan juga bisa menekan pengeluaran dengan menerapkan sistem uang saku. Salah satu dari kalian menjadi bendahara serta bertugas mengatur pengeluaran. Misalnya saja tiap orang memiliki jumlah uang saku Rp 30.000 selama satu hari. Memang jumlah ini terbilang sedikit untuk kalian yang tinggal di ibukota. Namun, dimana ada niat disitu pasti ada jalan.

Kamu bisa menyiasatinya dengan sarapan dahulu sebelum keluar dari rumah, ini merupakan cara jitu supaya kamu tak menghabiskan uang. Selain itu, untuk makan siang kamu bisa sesekali membawa bekal sederhana untuk dihabiskan di kantor. Dan pada malam harinya kamu juga bisa sesekali makan malam sederhana di rumah.

6. Daripada mengendarai motor sendiri, lebih bijak bila kalian pergi berdua. Selain menghemat, cara ini juga membuat kalian kian lekat.

berboncengan kemana-mana
berboncengan kemana-mana via www.flickr.com

Tak hanya menabung dan menerapkan sistem uang saku, kamu dan pasangan juga bisa menekan pengeluaran uang bensin dengan cara pergi kemana-mana berdua. Kiat ini tentunya akan sangat membantu kalian untuk memangkas pengeluaran uang bensin. Kamu dan pasangan bisa berangkat dan pulang secara bersama. Jika kebetulan kantor kalian memang tak searah, minta bantuan saja kepada kawan atau saudara yang kebetulan akan pergi ke arah yang sama.

7. Urusan rumah tinggal bisa membengkakkan dana. Rajin berburu perabot vintage yang murah tapi tetap apik bisa jadi solusinya

manfaatkan toko barang bekas
manfaatkan toko barang bekas via cheapvintage.com

Selain rumah yang akan segera ditempati ketika nanti kalian sudah menikah, kamu dan pasangan juga pastinya sibuk mencari furniture demi melengkapi rumah impian kalian. Alih-alih sibuk mengunjungi toko furniture yang ada di pusat perbelanjaan, kalian bisa rajin berburu ke pusat barang bekas.

Jika kamu dan pasangan jeli, kalian bisa menemukan barang bagus dengan harga yang tentunya jauh lebih murah. Selain ke toko barang bekas, kamu dan pasangan juga bisa mencari infonya di toko online. Namun pastikan kamu benar-benar sudah mencermati kondisi barang ya, sebelum mulai membayar.

Jadi, sudah siapkah kamu dan pasangan mengencangkan ikat pinggang demi masa depan? Yakin bisa mewujudkan rencana menikah dalam 12 bulan kedepan?

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?