GuidePedia

0

Setelah Android L atau Lollipop, Google resmi mengumumkan peluncurkan penerus Lollipop yaitu Android M yang sampai saat ini arti hurup "M" masih dirahasiakan. Arti dari huruf "M" tersebut masih belum diketahui tapi yang pasti berhubungan dengan makanan, mungkin juga Macaroon tapi kami tentu saja berharap "M" itu artinya Martabak? 

Apa saja yang baru di Android M ini? 


- Kemudahan untuk mengatur "ijin" akses untuk aplikasi
Tahu sendiri banyak aplikasi yang engga nyambung yang artinya aplikasi tersebut meminta ijin untuk akses sesuatu di ponsel walaupun engga ada hubungannya. Pilihannya hanya satu memberi ijin semuanya yang diperlukan atau tidak diinstall. 

Di Android M nantinya kita akan dengan mudah mengatur akses (permission) untuk aplikasi secara satu per satu, misalnya aplikasi menginginkan ijin untuk akses data contact, microphone dan kamera, di Android M nantinya kita bisa atur misalnya hanya memberi akses ke microphone dan kamera saja sedangkan akses data contact tidak diberi ijin. 

Fitur ini setidaknya akan memberikan rasa aman ketika meng-install aplikasi tertentu. 


- Mendukung teknologi pemindai sidik jari (fingerprint)
Dengan dukungan ini berarti nanti banyak aplikasi yang bisa terintegrasi dengan keamanan sidik jari sehingga bila ponsel anda punya finger print reader maka banyak aplikasi yang nantinya bisa menggunakan akses yang satu ini sebagai pengganti PIN atau password. 


- Android Pay / Google Mobile Payment
Walaupun di Indonesia masih belum berguna, fitur Android Pay ini akan semakin memberi kemudahan dalam melakukan pembayaran online seperti menggunakan NFC atau sidik jari. 


- Direct Share
Fitur baru ini nantinya akan lebih memudahkan kita dalam urusan berbagi file dengan orang yang ada di dalam data kontak dengan aplikasi tertentu. 

Direct Share akan mengingat kebiasaan kita mengirim sesuatu kepada orang tertentu, misalnya anda biasa mengirim file ke keluarga selalu menggunakan WhatsApp, Direct Share akan mengingatkan sehingga kita akan mengirimnya lagi, fitur ini akan menampilkan pilihan WhatsApp di bagian teratas. 


- Text Selection
Tahu sendiri layar kecil selalu menyusahkan kita dalam hal ingin meng-copy teks/ tulisan, untungnya di Android M ada sedikit peningkatan. 

Di Android M ketika kita akan meng-copy sebuah kalimat, kita bisa memilih kata awal dan akhir kemudian otomatis satu kalimat akan ter-highlight, cara ini jauh lebih mudah dibandingkan biasanya kita harus menarik "highlight" dari ujung ke ujung. 

Satu hal lagi, ketika kita akan meng-copy setelah tulisan di "highlight", sebuah "floating toolbar" akan muncul, berbeda dengan saat ini dimana posisi pilihan untuk copy & paste biasanya ada di posisi atas yang kadang agak merepotkan. 

- Kontrol volume suara lebih baik
Bagi pengguna Android L, pasti sering kesal dengan menu volume yang membingungkan dan bikin kesal, untungnya di Android M sepertinya agak kembali ke sistim yang lama dimana kita bisa mengontrol volume sistim, vlume musik dan volume alaram secara terpisah. 

Saat ini Android M katanya sudah bisa dicoba tetapi masih sebatas pada ponsel Android Nexus 5,6 dan 9 serta ponsel Google Player yaitu ponsel yang menggunakan OS Google original. 

All the New Features of Android M

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?