GuidePedia

0

Kapal selem terbang ? edan...


Gambar2 ini dibikin berdasar sebuah model 3D dari sebuah proyek Soviet yg unik – sebuah kapal selam terbang! Proyek ini dimulai tahun 1934, penciptanya, Boris Ushakov, seorang pelajar di Sekolah Teknik Kelautan.


Subyek dari karya pelajar ini adalah sebuah kendaraan yg bisa terbang dan nyelem juga. Di bulan April 1936 proyek ini disetujui oleh komite yang berwaenang yg menganggap bahwa ide ini patut dijalankan. Sang pencipta, Boris Ushakov, bekerja di proyek ini sebagai seorang insinyur dan teknisi militer dari tahun 1937-1938. Nama kendaraan ini adalah “Kapal selam terbang”. Dengan kata lain itu adalah sebuah pesawat yang bisa menyelam. Diperlukan banyak modifikasi, dalam versi terakhirnya malah pesawatnya terbuat seluruhnya dari logam padat dengan kecepatan terbang mencapai 100 knots, kecepatan nyelem – sekitar 3 knots.

Kapal selam terbang ini dimaksudkan sebagai penyerang kapal musuh. Kalaupun pas masuk jarak pandang musuh, tinggal nyelem dan sikat pakai torpedo.

Lagian bisa juga untuk mengatasi ranjau musuh di sekitar basis militer dimana banyak kapal musuh berkeliaran.

Untungnya, atau malah cilakanya proyek revolusioner ini gak pernah dilihat orang, pada tahun 1938 diputuskan untuk menghentikan proyek ini karena lemahnya mobilitas si Kapal selam terbang ini pas lagi nyelem. Dalam pernyataan akhirnya tertulis : Ketika kapal selam terbang ketahuan oleh kapal musuh, kapal musuh akan mengubah arah yang bisa bikin misi gagal karena peralatan tempur dari kapal selam ini tidak terlalu bagus di dalam air.

Pada kenyataannya proyek ini gagal karena masalah tingkat tinggi dan realisasi mustahil yg sering terjadi. Terbukti denganberbagai tes dan hitungan yang mengarah kepada modifikasi lagi .


Ushakov ingin pesawat ini punya 6 modul, tiga diantaranya diisi dengan mesin-udara AM-34,masing2 berdaya 1000, modul keempat bisa dihuni dan digunakan oleh awak sebanyak 3 orang dan perlatan kontrol bawah air. Modul kelima dimaksudkan sebagai pengumpul battery, yg keenam – untuk motor baling2 listrik.

Bagian utama dari kapal selam terbang ini berbentuk sebuah konstruksi gabungan tabung dari duralumin setebal 6 mm dengan diameter 1,4 m.

Kabin pilot akan terisi air ketika menyelam. Sehingga semua panel harus berada di ruangan khusus kedap air. BBM dan air akan di simpan dalam tabung karet. Sayap dan ekor harus terbuat dari baja, pontoon nya – dari duralumin. Ketika menyelam sayap, ekor dan pontoon akan terisi air lewat klep khusus. Mesin akan ditutup dengan tameng logam khusus, sistem keluar masuk air untuk pendinginan mesin akan di blok demi mencegah kerusakan akibat tekanan air di luar.

Untuk mencegah korosi kapal selam terbang ini harus dicat dan ditutup dengan cairan khusus. Dua torpedo ukuran 18″ diamankan dalam kandang di bawah sayap2 luar. Persenjataan itu juga akan dilengkapi dengan dua senapan mesin bersumbu sama untuk perlindungan dari serangan pesawat udara musuh.

Karakteristik proyek yg lain:

beban lepas landas – 15 000 kg
Kecepatan terbang – 185 km/h
Jarak tempuh – 800 km

Ketinggian maksimum – 2500 m
Kecepatan selam – 2-3 knots

Kedalaman selam – 45m
Jarak tempuh terpanjang pas nyelam 9-10 km

Maksimum penyelaman – 48 jam. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top