GuidePedia

0

Proyek kabel internet fiber optik Google mungkin masih dalam tahap pembangunan, namun warga kota di Amerika ini sudah bisa menikmati berselancar di dunia maya dengan kecepatan kilat. Dari mana datangnya?

http://www.blogcdn.com/www.engadget.com/media/2011/07/cincinnati-bell-4g.jpg


Google sebenarnya berharap bisa segera mengaplikasikan internet berkecepatan tinggi hingga 1 gigabit per detik (Gbps) di tiga kota besar di Amerika sebelum diterapkan di 34 kota lain di Negara Paman Sam. Tetapi untuk saat ini, sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet, Cincinnati Bell, sudah mendahului Google dalam menyediakan internet berkecepatan 1 Gbps, Engadget (18/08).

Cincinnati Bell menyatakan akan memberikan akses internet berkecepatan tinggi untuk warga kota Cincinnati yang berada di negara bagian Ohio. Mulai tanggal 8 September nanti, Cincinnati Bell sudah mulai 'mendistribusikan' akses internet 1 Gbps untuk seluruh warga. Sebelumnya Cincinnati Bell hanya memberikan akses tersebut dalam lingkup kecil, terutama ke perusahaan-perusahaan di kota itu.

Kecepatan internet dari Cincinnati Bell diklaim lebih cepat hingga 100 kali dari kecepatan internet lain di Amerika. Dalam program yang disebut dengan 'Light up Cincinnati', beberapa tempat di kota tersebut akan dipasangi Wi-Fi hotspot gratis berkecepatan 1 Gbps untuk menunjang acara-acara umum yang dilaksanakan di tempat-tempat itu.

Cincinnati Bell juga diketahui menggunakan kabel fiber optik mirip dengan jaringan kabel yang tengah dibuat oleh Google di samudra Pasifik. Mengingat jangkauan internet kilat Cincinnati Bell hanya mencakup satu kota, dana yang dikeluarkan diprediksi tidak akan melebihi USD 300 juta seperti yang telah digelontorkan oleh Google untuk menghubungkan Amerika dan Jepang.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top