GuidePedia


Ilustrasi GJ 3470b

Para peneliti baru-baru ini mengatakan dalam jurnal Astrophysical bahwa mereka telah berhasil menemukan salah satu Exoplanet super earth yang yang sangat ringan dan cerah.

Dijuluki planet GJ3470b, tim mengatakan planet ini memliki massa sekitar 14 kali massa planet kita.Data mereka menunjukkan bahwa planet ini kemungkinan besar tidak tertutupi oleh awan tebal tapi adalah tempat di mana memakai tabir surya akan menjadi suatu keharusan.

GJ3470b mengorbit bintang utama sangat dekat dan dengan kecepatan tinggi,planet ini mengorbit sekitar 28 kali lebih dekat dari jarak Bumi-Matahari.Menurut penelitian, GJ3470b menyelesaikan orbitnya mengelilingi bintangnya hanya dalam 3,3 hari waktu Bumi.

Tim menggunakan dua teleskop di Okayama Astrophysical Observatory (OAO) untuk menangkap data tentang planet ini.Mereka mengukur kecerahan tingkat-bintang dalam empat warna, yang memungkinkan mereka untuk memperkirakan dalam warna setiap radius planet ini.Perbedaan antara warna radius bisa disebabkan refleksi dari karakteristik atmosfer planet.

"Misalkan atmosfer terdiri dari hidrogen dan helium, massa atmosfer akan menjadi 5 sampai 20% dari total massa planet," kata Akihiko Fukui, yang memimpin tim."Dengan membandingkan fakta bahwa massa atmosfer bumi 0,0001% dari total massa Bumi, planet GJ3470b ini memiliki atmosfer yang cukup tebal."

"Kami berharap mendapatkan petunjuk penting untuk mencari tahu bagaimana super Bumi terbentuk melalui pengamatan komponen atmosfer planet GJ3470b," kata Fukui.

Sumber : Redorbit 

Beli yuk ?

 
Top