GuidePedia

http://astronesia.blogspot.com/
Beberapa jenis lereng berbentuk aliran telah diamati di Mars. Gambar ini dari NASA Mars Reconnaissance Orbiter 
Penelitian NASA mengungkap adanya karbon dioksida beku yang berupa es kering di Mars. Material es kering ini berada di lokasi bukit pasir Mars.

"Saya selalu bermimpi pergi ke Mars. Sekarang saya bermimpi bisa meluncur dengan papan ski menuruni gundukan pasir Mars pada balok es kering," ungkap Serina Diniega, ilmuwa planet Jet Propulsion Laboratory NASA di California, seperti dikutip Nasa.gov, Rabu (12/6/2013).

Peneliti menyimpulkan, proses ini bisa menjelaskan fenomena parit yang terlihat di bukit pasir Mars. Peneliti mengandalkan tangkapan gambar yang diperoleh NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) serta melakukan percobaan di bukit pasir Utah dan California.

Lekuk bukit di planet merah, yang disebut parit linear, menunjukkan lebar relatif yang konstan hingga beberapa meter. "Dalam aliran puing-puing, Anda memiliki air yang membawa sedimen turun dan bahkan terkikis dari atas ke bawah," jelas Diniega.





 
Dalam sebuah gambar yang ditangkap High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE), terlihat bukit pasir dengan parit linier yang ditutupi oleh karbon dioksida beku selama musim dingin di Mars. Beberapa gambar juga menangkap benda cerah di area parit.


Sumber : Okezone
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top