GuidePedia

[imagetag]

Solar Impulse pesawat tenaga surya buatan Swiss berhasil mendarat dengan selamat di Madrid Jumat pagi pada tahap pertama dalam upaya penerbangan antarbenua tanpa menggunakan setetes bahan bakar.

Pesawat berteknologi tinggi tersebut memiliki lebar sayap seperti pesawat besar tetapi beratnya tidak lebih dari sebuah mobil sedan, dilengkapi dengan 12.000 sel surya yang memberikan tenaga empat mesin listrik.

[imagetag]

Pilot Andre Borschberg berhasil meluncurkan pesawat setelah tertunda dua jam karena kondisi cuaca berkabut, pesawat meluncur

dari lapangan udara di Payerne, Swiss barat pada hari kamis (24/05) sekitar pukul 08:30 (0630 GMT).

[imagetag]

Jika berhasil perjalanan 2.500 kilometer (1.550 mil) akan menjadi jarak terpanjang sampai saat ini bagi pesawat tersebut setelah penerbangan perdana ke Paris dan Brussels tahun lalu.

Borschberg mendaratkan pesawat di Madrid pada jumat dini hari (25/05) dan terlihat tersenyum di kokpit.

"Penerbangan ini berjalan sangat baik dan terima kasih kepada tim ahli meteorologi, semuanya berjalan sesuai rencana: itu luar biasa" katanya pada saat kedatangan di Madrid yang menjadi tempat persinggahan untuk keperluan teknis selama tiga hari.

"Itu luar biasa, terbang bersama penghalang awan di sebagian besar penerbangan dan tidak ragu untuk terbang di atas mereka. Ini menegaskan keyakinan kita dalam kapasitas energi surya," tambahnya.

[imagetag]

Perjalanan ini dimaksudkan sebagai latihan dalam penerbangan menjelang program penerbangan keliling dunia yang direncanakan untuk 2014.

Pesawat tersebut telah membuat sejarah pada bulan Juli 2010 sebagai pesawat berawak pertama yang terbang dengan energi matahari dan mencatat rekor untuk penerbangan terpanjang sebagai pesawat bertenaga surya berawak setelah terbang tinggi selama 26 jam, 10 menit dan 19 detik atas Swiss, juga menetapkan rekor ketinggian dengan terbang pada 9.235 meter (30.298 kaki).

[imagetag]

Penerbangan Solar Impulse ke Maroko bersamaan dengan peresmian pembangkit termal tenaga surya terbesar yang terletak di Quarzazate, Maroko.( Phys.org)

Beli yuk ?

 
Top