GuidePedia


Perusahaan komersil seperti SpaceX dan Virgin Galactic mungkin saat ini tengah memimpin dalam industri perjalanan luar angkasa. Namun NASA sebagai salah satu pusat penelitian luar angkasa tetap terus melanjutkan penelitiannya untuk menemukan cara baru melanglang buana di luar angkasa. Dan saat ini mereka tengah fokus dalam penggunaan rotor dalam kapsul ruang angkasa.

Idenya adalah dengan menambahkan baling-baling pada bagian atas kapsul ruang angkasa yang nantinya akan berfungsi untuk memperlambat gerak jatuh kapsul sekembalinya dari luar angkasa. Proses ini bukanlah ide baru, melainkan ide lama yang dulunya disebut auto-rotation yang pernah digunakan pada misi Apollo.

Namun karena jadwal yang terlalu padat membuat NASA melupakan sejenak sistem ini dan lebih memilih menggunakan parasut sebagai media "pengereman". Saat ini ide tersebut diangkat kembali dan diharapkan dapat memberikan pendaratan yang lebih halus dengan target pendaratan yang bisa lebih spesifik.

Saat ini teknologi kapsul dengan baling-baling tengah memasuki tahap pengujian di Gedung perakitan Kendaraan (Vehicle Assembly Building) di NASA Kennedy Space Center, Florida. So, dimungkinkan teknologi ini dalam waktu dekat akan dapat kita lihat.

Referensi : dvice

Beli yuk ?