GuidePedia

India



Lebih dari 130 juta Muslim tinggal di India, sehingga Ramadhan adalah suatu hal yang besar, terutama di daerah-daerah tertentu. Di utara kota Hyderabad, menu berbuka adalah makanan khas yaitu Hyderabad Haleem . Ini varian dari bubur gandum tradisional dengan citarasa pedas,gurih, biasanya disajikan dengan daging domba. Mantap..!!

Turki

Sujuk

Ramadhan di Turki disambut dengan kegembiraan besar dan hidangan buka puasa memainkan peran besar dalam hal ini. Di kota-kota besar seperti Istanbul semua restoran menawarkan penawaran khusus dan menetapkan menu untuk buka puasa. Sebagian besar menawarkan menu set, dimulai dengan sup atau appetizer Plater disebut "Iftariye". Ini terdiri dari kurma, zaitun, keju, pastırma, sujuk, Roti Pide (yang merupakan roti khusus yang hanya dipanggang selama Ramadan) dan berbagai kue-kue yang disebut "börek".


börek

Hidangan utama terdiri dari berbagai makanan Turki, terutama Makanan Tradisional Ottoman. Pencuci mulut terkenal yang disebut "güllaç" yang terbuat dari air mawar, disajikan di sebagian besar tempat.


güllaç

Lebanon


Di Lebanon, Mezze, termasuk tabbouleh dan houmous, semua cukup akrab sebagai menu berbuka puasa, seperti halnya berbagai macam daging panggang.

Bangladesh

Berbagai Jenis Hidang Berbuka Khas Bangladesh

Di Bangladesh, berbagai macam makanan hidangan tersaji saat berbuka. Beberapa menu umum dari masakan Bangladesh termasuk Piyaju , Beguni, Jilapi, Muri, Halim, tanggal, samosa, Dal Puri, Chola , dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka menjadi hidangan berbuka.


Rooh Afza Rasa Mint

Minuman seperti Rooh Afza dengan berbagai cita rasa dan serbet lemon adalah menu populer berbuka di seluruh negeri

Pakistan


Tidak ada berbuka puasa di Pakistan tanpa samosa. Bahkan, selama bulan Ramadhan, warung samosa bertebaran di seluruh negeri yang menjual versi pedas dari makanan lezat berbentuk segitiga ini.

Mesir


'Tidak ada' Ramadhan di Mesir tanpa adanya menu berbuka sehat macam medames. Meskipun ini adalah makanan utama berbuka, namun ada juga menu lainnya yang turut menyemarakkan, seperti molokheya yang dibuat dari ayam dan nasi.

Yordania

Mansaf

Mansaf adalah hidangan nasional Yordania. Terdiri dari daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah.


Qatayef

Sedangkan Qatayif adalah pancake lezat rasa kayu manis diisi dengan kenari dan gula dan dimakan dengan sirup madu.

Malaysia

Nasi Lemak

Seperti biasa, umat Islam Malaysia berbuka dengan makanan kering atau kurma segar. Ada berbagai makanan khas masakan Malaysia tersedia dalam Bazaar Ramadhan (pasar makanan lokal yang buka selama bulan puasa) seperti air tebu, nasi lemak, laksa, percek ayam, nasi ayam, sate dan lain-lain.

Indonesia

Kolak


Yang ini sih pasti udah pada tahu. Betul..apalagi kalau bukan Kolak? Kolak jadi menu khas berbuka puasa di Indonesia. Kuah dibuat dari bahan santan dan gula, yang isinya bisa berupa pisang, singkong, ubi atau campuran dari ketiganya. Ada juga yang menambahkan dengan pacar cina.

Minuman segar macam cendol atau dawet juga akrab sebagai menu berbuka.


Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?